BINTAN TERKINI

Tak Punya Izin Kerja, 29 TKA Cina di PT BAI Akan Dipulangkan ke Negara Asal Jumat (3/4)

29 TKA Cina di PT BAI yang tak punya izin kerja, rencananya akan dipulangkan ke negara asal Jumat (3/4) menyusul 10 TKA yang sudah pulang Kamis (2/4)

TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Suasana pertemuan Ketua RT Kampung Galang Batang, Desa Gunung Kijang, Ketua Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan, Hasfarizal membahas kepulangan sisa 29 TKA Cina di PT BAI, Kamis (2/4/2020). 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Ketua Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan, Kepri, Hasfarizal Handra mengatakan, sisa 29 TKA asal Cina yang ada di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI), akan dipulangkan ke negara asalnya, Jumat (3/4/2020) ini.

"Kita sudah koordinasi lagi dengan pihak PT.BAI, dan Jumat (3/4), kita akan memulangkan 29 TKA yang sisa dari 39 orang TKA yang didatangkan PT.BAI," ujar Hasfarizal di hadapan Ketua Rt 05 dan perwakilan warga Gunung Kijang di ruang pertemuan Bintan Expo, Kamis (2/4/2020).

Hasfarizal menuturkan, pemulangan para TKA itu akan disaksikan oleh Imigrasi dan PT BAI serta awak media.

"Bahkan ke 10 TKA itu juga merupakan TKA yang namanya terdaftar dari 39 TKA yang dipermasalahkan warga itu," tuturnya.

Hasfarizal menjelaskan, PT.BAI sudah berupaya mencari tiket untuk ke 39 TKA itu. Namun, karena waktu yang terlalu singkat sehingga hanya dapat jatah 10 kursi di Lion Air.

PT BAI di Bintan Dapat Sanksi Pembinaan, Datangkan TKA Cina Tanpa Dokumen Ketenagakerjaan

Bukan Buruh Kasar, Kadisnaker Bintan Sebut 39 TKA Cina di PT BAI Bakal Jadi Tenaga Ahli Konstruksi

"Dipulangkan secara bertahap lantaran tiket pesawat terbatas. Barusan dengan pesawat Lion Air JT 621 tujuan Jakarta, pukul 10.35 Wib," terangnya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga tidak memiliki wewenang untuk memulangkan para TKA Cina.

"Saya hanya melaksanakan instruksi Bupati Bintan untuk mengawasi pemulangan karena meresahkan warga. Yang memulangkan itu, PT BAI dan bukan saya yang memulangkan mereka," ungkapnya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved