Breaking News:

VIRUS CORONA

WHO Tolak Wacana Paspor Imun; Tak Ada Orang yang Kebal Setelah Sembuh dari Covid-19

WHO menekankan, bahwa hingga kini belum ada bukti bahwa orang yang terpapar Covid-19 bisa kebal dan tak akan terinfeksi lagi

Editor: Mairi Nandarson
WHO
World Health Organization (WHO) 

TRIBUNBATAM.id, JENEWA - Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menolak rencana adanya paspor imun untuk orang yang dinyatakan sembuh dari covid-19.

WHO justru khawatir dengan penerbitan sertifikat itu bisa menularkan virus corona lebih luas karena merasa sudah sembuh total.

WHO menekankan, bahwa hingga kini belum ada bukti bahwa orang yang terpapar Covid-19 bisa kebal dan tak akan terinfeksi lagi.

Kasus Baru Covid-19 Menurun, Korea Selatan Mulai Longgarkan Aturan Sosial, Izinkan Acara Keagamaan

Heboh Kabar Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Meninggal, China Kirim Tim Medis ke Korea Utara

Saat yang Lain Potong Gaji, Supermarket di Jepang Siapkan Bonus Besar untuk Karyawannya

"Saat ini tidak ada bukti orang yang sembuh dari Covid-19 bakal imun dan tidak akan terpapar dri infeksi kedua," ulas WHO.

Hingga Jumat (24/4/2020), otoritas kesehatan dunia itu menyatakan belum ada penelitian bahwa sembuh dari virus corona bisa memberikan kekebalan dari serangan kedua.

Sejumlah negara mulai mengembuskan ide menerbitkan dokumen imun berdasarkan tes serologi, yang menunjukkan adanya antibodi pada darah.

Ide itu muncul di tengah upaya pemerintahan setempat perlahan-lahan mengembalikan ekonomi yang kolaps karena lockdown guna mencegah pandemi.

Dikutip dari kompas.com, melansir AFP Sabtu (25/4/2020), efektivitas tes itu belum teruji benar dengan data sains yang ada tak bisa membenarkan penerbitan " paspor imun".

WHO menerangkan, mereka masih belum menemukan adanya temuan valid bahwa kekebalan tubuh bakal menjamin seseorang tak akan terjangkit Covid-19 untuk kedua kalinya.

"Orang yang merasa kebal dengan infeksi kedua karena menerima hasil tes imun positif bakal mengabaikan imbauan kesehatan," ujar WHO.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved