Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Ramadhan Bimbingan Konseling Kehidupan 

Puasa Ramadhan mengandung berbagai keutamaan dan mempunyai pengaruh yang amat besar bagi peningkatan iman dan moralitas kita.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

“Kalau saja umatku mengetahui kandungan bulan Ramadhan, tentu mereka mengharap bulan itu berlangsung setahun penuh”…al-hadist. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bulan Ramadhan suatu bulan yang penuh Mubarak/keberkahan dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya sebagai “syahrun adzim” (bulan yang agung).  

Umat Islam selalu menyambutnya dengan penuh suka cita, Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberikan motivasi dengan sabdanya

”man fariha bi dukhull ramadhan, harramallahu jasadahu ‘alan-niran”.  …barangsiapa menyambut gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah akan menyelamatkan dirinya dari api neraka. 

Bulan Ramadhan memang bulan yang amat istimewa, dalam spiritual konseling kehidupan kita. Dr. Yusuf al-Qardhawi dalam kitab fiqh as-shiyam, menyebutkan bulan ini sebagai madrasah mutanayyizah/per excellent. 

Setiap tahun Allah Ta'ala menjadikan bulan ini bagi kaum Muslimin untuk mendidik dan meng-upgrade mereka menuju kesucian jiwa dan keluhuran budi pekerti.  

Untuk itu, lanjut Qaradhawi, orang yang masuk di lembaga ini dan mempergunakan semua kesempatan yang ada dengan melakukan ibadah puasa dan amaliah-amaliah lainnya, maka ia akan dinyatakan lulus dalam menempuh ujian dan akan diwisuda dengan predikat “rabih at tijarah” (sangat menguntungkan).

Karena tak ada keuntungan yanglebih besar dibandingkan keuntungan meraih keampunan/maghfirah Allah Ta'ala dan pembebasan dari api neraka. 

Sebagai sarana pendidikan, puasa Ramadhan tentu saja mengandung berbagai keutamaan dan mempunyai pengaruh yang amat besar bagi peningkatan iman dan moralitas kita. 

Yusuf Qaradhawi menyebut beberapa diantaranya sebagai berikut: 

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved