SELEB TERKINI

Sejarah Marga Latuconsina yang Memicu Kemarahan Terhadap Andre Taulany dan Rina Nose

Melansir Kompas.com, budayawan asal Maluku, Abidin Wakano menjelaskan, Latuconsina merupakan marga parentah atau keturunan raja dari Desa Pelauw.

Menda Clara Florencia /Grid.ID
Prilly Latuconsina di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA- Presenter sekaligus komedian Andre Taulany dan Rina Nose jadi bahan perbincangan hangat publik.

Keduanya bakal berurusan dengan kepolisian lantaran candaan yang mereka lontarkan.

Candaan Andre Taulany bersama Rina Nose terkait nama marga Latuconsina tuai kecaman.

Hal itu bahkan berbuntut pelaporan yang dilakukan seorang warga bernama Ruswan Latuconsina yang mengaku sebagai perwakilan dari keluarga besar Latuconsina.

Lalu, dari mana sebenarnya asal marga Latuconsina?

Berawal dari Candaan Nama Prilly Latuconsina, Andre Taulany dan Rina Nose Dipolisikan

Andre Taulany dan Rina Nose Dipolisikan, Bercandanya Dinilai Menghina Marga Latuconsina

Melansir Kompas.com, budayawan asal Maluku, Abidin Wakano menjelaskan, Latuconsina merupakan marga parentah atau keturunan raja dari Desa Pelauw, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebagai salah satu marga parentah di Maluku Tengah, maka orang yang menyandang marga Latuconsina memiliki kedudukan dan martabat yang sangat tinggi.

“Jadi dalam konteks orang Maluku itu, kalau menyebut Latu maka nenek moyangnya pasti berasal dari marga parentah atau raja," katanya.

"Jadi Latuconsina salah satu marga raja di Maluku. Kenapa raja, karena mereka ini punya kedudukan yang tinggi, punya bermartabat, dan berpendidikan,” ujar Abidin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Sama dengan Latuconsina, sejumlah marga lainnya di Maluku yang diawali dengan kata "Latu" juga merupakan marga parentah yang kedudukannya sangat tinggi, salah satunya marga Patty.

Halaman
1234
Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved