VIRUS CORONA DI BATAM

Rumah Ibadah di Batam Dibuka 15 Juni, Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Pihaknya berencana untuk membuka rumah ibadah itu pada 15 Juni 2020, jauh lebih cepat dari rencana Pemerintah Pusat pada 6 Juli 2020.

TRIBUN/ROMA
Wali kota Batam, Muhammad Rudi meninjau kondisi Jl Duyung di Batuampar, Selasa (10/3/2020). Pihaknya berencana membuka kembali rumah ibadah di Kota Batam pada 15 Juni 2020 setelah ditutup akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana membuka kembali rumah ibadah untuk aktivitas keagamaan. 

Meski demikian, terdapat syarat yang harus dipenuhi agar rencana membuka kembali sejumlah rumah ibadah itu bisa terealisasi.

Syarat wajib itu di antaranya meminta pengurus rumah ibadah untuk membuat pernyataan bahwa akan melaksanakan protokol kesehatan.

"Kalau tidak mau mematuhi protokol kesehatan atau melanggar surat pernyataan, akan kami tindak tegas untuk tutup kembali," kata Wali kota Batam, Muhammad Rudi, Selasa (26/5/2020).

Ditemui sesudah rapat bersama tokoh agama di Panggung Utama Dataran Engku Puteri, Batam Centre, ada tiga hal yang perlu diterapkan di tengah masyarakat saat pandemi Covid-19.

Pertama, semuanya wajib memakai masker. Hal ini didasari aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sehingga perlu disampaikan agar warga tetap mamatuhi ini.

"Hasil survei dengan menggunakan masker, 60 persen dapat menyelamatkan kita," katanya.

Kedua tetap menerapkan jaga jarak. Termasuk di tempat ibadah dan titik keramaian. Ketiga, pihaknya juga telah memperintahkan semua ASN untuk ikut serta mengedukasi warga menerapkan pola hidup bersih dan rajin berolahraga.

Pihaknya berencana untuk membuka rumah ibadah itu pada 15 Juni 2020, jauh lebih cepat dari rencana Pemerintah Pusat pada 6 Juli 2020.

Meskipun aktivitas di rumah ibadah kembali dibuka, lanjut Rudi, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan oleh semua masyarakat. Hal ini penting mengingat pandemi corona virus disease (Covid-19) belum berakhir.

Cegah Covid-19, Calon Penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang Wajib Isi Kartu Kuning

Roy Suryo Sibuk Urus Panci di Video Ucapan Lebaran Jokowi, Gus Nadir: Gak Penting yg Anda Bahas Itu

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved