BATAM TERKINI

Rapat Terkendala, Belum Ada Satupun Ranperda Batam yang Disahkan, 'Semua Terganggu Karena Corona'

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengakui banyak rapat dan pembahasan yang tertunda belakangan ini karena Corona

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Batam 2019-2024, Nuryanto 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menjelang pertengahan tahun atau semester I tahun 2020, belum ada Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang sudah selesai dibahas. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 masih melanda di Kota Batam.

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengakui, banyak rapat dan pembahasan yang tertunda belakangan ini. Itu untuk menghindari adanya perkumpulan orang banyak di satu titik, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Padahal Pemerintah Kota (Pemko) dan DPRD Batam, menyiapkan pembahasan 22 rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2020 ini.

"Ya ada sekitar 20-an Ranperda yang disiapkan untuk dibahas dan disahkan tahun ini. Tapi sampai saat ini belum ada yang selesai," ujar pria yang akrab disapa Cak Nur ini di lobi Kantor DPRD Kota Batam, Jumat (29/5/2020)

Semestinya, kata dia, ada sebanyak 3 atau 4 Perda yang disahkan pada triwulan I tahun 2020. Namun, karena ada virus Corona, semua terganggu. Banyak rencana rapat ditunda.

 Pakai Obat hingga Berkumur Air Garam, Simak 7 Cara Sederhana Mengatasi Sariawan

"Karena ada Corona, terganggu semua. Banyak undangan untuk rapat bersama tertunda. Pembahasan evaluasi triwulan di komisi-komisi juga banyak tertunda," katanya.

Pembahasan yang berjalan saat ini diantaranya terkait dengan Ranperda RDTR. Kemudian, ATR dan LKPJ. Namun untuk RDTR, materinya baru mereka terima, sehingga untuk pembahasan diminta diperpanjang 30 hari.

"Materi untuk rujukan dari kementerian, baru diterima. Jadi baru kita mulai kemarin," ujarnya.

Rapat sehari sebelumnya, sudah dilakukan terkait Ranperda RDTR. Namun, rapat itu masih rapat konsultasi. Sebelumnya, pimpinan DPRD baru menerima materinya per sub. Kemudian diserahkan ke Pansus.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved