Breaking News:

Satpol PP Suruh Warga Lafalkan Pancasila dan Push Up Karena Tak Kenakan Masker

Petugas keamanan di Lampung memberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, push up dan bernyanyi.

Editor: Thom Limahekin
(FOTO: Dok. Satpol PP Bandar Lampung)(KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA)
Seorang warga dihukum push up oleh petugas gabungan di Posko Penyekatan di Kecamatan Sukarame beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, LAMPUNG – Kasus positif Covid-19 di tanah air masih menunjukkan grafik menanjak.

Namun, kesadaran untuk melawan virus yang mematikan ini belum tertanam sepenuhnya dalam hati dan pikiran sebagian masyarakat.

Hal tersebut antara lain terlihat dari tidak ada kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Ulah masyarakat yang tidak mematuhi protokol itu mengharuskan aparat keamanan bahkan sampai mengambil tindakan tegas.

Tindakan itu misalnya dilakukan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandar Lampung yang beberapa kali menindak warga.

Isdianto Ingatkan Sanksi saat Ekonomi Aktif Lagi, Kepri Siap-siap Memulai New Normal

SANKSI - Warga di Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepri diberi sanksi berjemur saat terik matahari sambil diberi pengarahan tentang pencegahan Covid-19, Rabu (15/4/2020). Sanksi unik Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Belakang Padang ini diapresiasi Kadinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi.
SANKSI - Warga di Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepri diberi sanksi berjemur saat terik matahari sambil diberi pengarahan tentang pencegahan Covid-19, Rabu (15/4/2020). Sanksi unik Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Belakang Padang ini diapresiasi Kadinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (TribunBatam.id/Istimewa)

Sebab, mereka masih juga tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Kepala Satpol PP Kota Bandar Lampung, Suhardi Syamsi mengatakan, memang ada sejumlah hukuman bagi warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Kami ada Posko di perbatasan kota.

Bagi warga yang abai, misalnya tidak mengenakan masker saat hendak masuk (Kota Bandar Lampung) akan diberi hukuman dan teguran keras,” kata Suhardi saat dihubungi, Jumat (29/5/2020).

Namun, hukuman tersebut tidak berupa hukuman fisik seperti dipukul ataupun kekerasan lain.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved