NEW NORMAL DI BATAM

Ini Aturan Kelonggaran Pembukaan Mall di Batam saat Pandemi, Wajib Semprot Disinfektan 2 Hari Sekali

Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan kasus Covid-19 baru di Kota Batam.

TribunBatam.id/Istimewa
Kawasan pusat perbelanjaan di Kota Batam, Provinsi Kepri, Minggu (31/5/2020). Pemko Batam mengeluarkan sejumlah aturan kepada manajemen mall menjelang kelonggaran pembukaan mall dan pusat keramaian di Kota Batam saat pandemi Covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Manajemen mall diminta patuh untuk menyemprot cairan disinfektan setiap dua hari sekali.

Ini disampaikan Kepala bidang pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zulkarnain saat melakukan penyuluhan kepada pegawai DC Mall.

Penyuluhan dilakukan untuk mematangkan rencana kelonggaran pembukaan mall di Kota Batam yang dijadwalkan mulai berlaku 15 Juni 2020 mendatang.

Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan kasus Covid-19 baru di Kota Batam.

"Mereka harus tetap mengikuti protokol Kesehatan di mall yang dikeluarkan oleh Disperindag," ujar Zulkarnain kepada TribunBatam.id, Minggu (31/5/2020).

Zulkarnain juga memaparkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di pusat perbelanjaan. Pertama, antrean pengunjung yang memasuki mal diatur oleh petugas dengan menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) sejauh 1 meter.

Kedua, pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mal akan dilakukan menggunakan thermo gun atau scanner. Ketiga, jika suhu tubuh pengunjung diatas 37,5 derajat selsius maka pengunjung tidak diperkenankan masuk.

Keempat, antrean berjarak juga diberlakukan ketika pengunjung memasuki toko di dalam mal untuk menghindari kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.

Kelima di seluruh area mal akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala guna menjaga kesehatan pengunjung mal.

Keenam, kawasan wajib masker, ketujuh, tersedia sanitasi tangan, tempat cuci tangan dilengkapi dengan sabun cuci tangan. Kedelapan jarak duduk diatur untuk tidak berdekatan.

Rapid Test Massal Hari Ketiga di Surabaya, BIN Temukan 153 Warga Reaktif

Diduga Tertimpa Reruntuhan Batu, Seoarang Pekerja Pemecah Batu Granit di Bintan Tewas

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved