Breaking News:

PILGUB KARIMUN

Tahapan Pilkada Dilanjutkan, Bawaslu Karimun Kembali Aktifkan Adhoc Kecamatan dan Desa

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) telah diaktifkan kembali pada tanggal 13 Juni 2020 dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pada tanggal 14 Juni

Penulis: | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ELHADIF PUTRA
Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kembali berjalan pasca terhenti akibat pandemi Covid-19.

Dengan begitu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) juga kembali aktif menjalankan tugasnya.

Seperti pengaktifan kembali adhoc tingkat Kecamatan dan tingkat desa yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Karimun.

Untuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) telah diaktifkan kembali pada tanggal 13 Juni 2020 dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pada tanggal 14 Juni 2020.

KIOSKI hingga Delivery Service, Simak Layanan Kantor BPN Batam Selama Memasuki Masa New Normal

Aktivitas di Batam Mulai Dilonggarkan, Pelaku Pariwisata Siapkan Paket Wisata Domestik

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat mengatakan adhoc di jajarannya itu akan kembali menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

"Dengan dilanjutkan kembali tahapan Pilkada, maka Bawaslu Kabupaten Karimun juga kembali mengaktifkan para Panwascam dan PKD," kata Dayat, Selasa (16/6/2020).

Pengaktifan kembali tugas jajaran Bawaslu se Kabupaten Karimun itu juga mengacu kepada Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI nomor 0197/K.BAWASLU/TU.00.01/VI/2020 pada 13 Juni 2020, yakni tentang pengaktifan kembali anggota Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Dengan demikian, seluruh sekretariat Panwascam akan diaktifkan kembali, berikut dengan seluruh jajaran yang telah direkrut harus menjalankan tugasnya, mulai dari staf, PUMK, hingga Kepala Sekretariat di 12 Kecamatan se-Kabuaten Karimun juga turut diaktifkan kembali.

Di 12 kecamatan se Kabupaten Karimun, total Panwascam sebanyak 36 orang, ditambah dengan 71 orang PKD Ad-hoc di tingkat Kelurahan dan Desa.

Dayat pengaktifan kembali Panwascam dan PKD juga merupakan tindak lanjutan dari terbitnya Peraturan KPU (PKPU) nomor 5 tahun 2020, tentang tahapan, jadwal dan program Pilkada yang sebelumnya sempat tertunda akibat Covid-19.

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan tugasnya, seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Karimun akan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

"Kemungkinan metode pengawasan di tahapan lanjutan akan sedikit berbeda. Kita memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19," terangnya.

Kepada seluruh jajarannya, Dayat juga berpesan untuk semangat bekerja di masa Covid-19 ini.

"Agar tetap menjaga kesehatan, dan tetap semangat dalam mengemban tugas pengawasan meskipun di tengah pandemi Covid-19," katanya. ( TRIBUNBATAM.id/ELHADIF PUTRA)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved