Breaking News:

BATAM TERKINI

Penumpang Angkutan Umum Dijamin Jasa Raharja, Berikut Syarat Pentingnya

Pertama, jika seseorang yang mengalami kecelakaan harus segera melaporkan ke kantor Satlantas masing-masing Polres Kepri.

TribunBatam.id/Leo Halawa
Kepala Perwakilan Kepri PT Jasa Raharja Tamrin Silalahi (pria berkacamata) dan Sekretaris BP2RD Kepri Diky Wijaya. TRIBUN BATAM / LEO HALAWA. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Layanan asuransi pemerintah PT Jasa Raharja tetap berjalan meski pandemi Covid-19.

Pembayaran klaim bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas, diakui Kepala Perwakilan Kepri PT Jasa Raharja, Tamrin Silalahi tetap dibayarkan 100 persen, termasuk masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

Tamrin mencontohkan, kecelakaan lalu lintas yang menimpa warga Batam Noverius belum lama ini.

Pihaknya mengklaim 100 persen berdasarkan kuitansi dari rumah sakit tempat yang bersangkutan dirawat.

"Kami berikan klaim secara full. Tak ada kendala dan berjalan lancar. Perlu kami menyampaikan bahwa, jika masyarakat mengalami kecelakaan lalu lintas penjamin pertama adalah Jasa Raharja. Termasuk angkutan umum," ucapnya, Rabu (24/6/2020).

Pelayanan di Jasa Raharja terlayani jika pemohon telah melewati beberapa tahap.

Pertama, jika seseorang yang mengalami kecelakaan harus segera melaporkan ke kantor Satlantas masing-masing Polres Kepri.

Korban jika tak bisa melakukan aktivitas bisa diwakili oleh wali atau kuasanya.

"Pembayaran atau klaim di kami harus ada laporan polisi dulu. Itu yang mendasar. Ketika itu, secara online kami bisa cek laporan polisi itu. Karena data kami dengan Satlantas sudah terintegrasi khusus pelayanan lakalantas. Untuk saat ini, ada 29 rumah sakit se-Kepri sudah kerja sama dengan kami. Baik RS pemerintah maupun swasta," jelas Tamrin.

Ia menjelaskan, dasar hukum untuk mengcover asuransi kecelakaan lalu lintas baik di darat, laut dan udara adalah, UU No 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang jo. PP No 17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Halaman
12
Penulis: Filemon Halawa
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved