BATAM TERKINI

Sayangi Diri Anda, Berikut Tipe Penyakit Diabetes, Jadi Penyakit Silent Killer

Tak sedikit pasien Covid-19 memiliki penyakit penyerta yaitu jenis penyakit metabolik seperti hipertensi dengan diabetes.

TribunBatam.id/Rebekha Ashari Diana Putri
Dokter Spesialis Gizi RS Awal Bros Batam, dr Brain Gantoro, SP.GK menjelaskan cara menjaga kesehatan dari diabetes dalam Tribun Podcast, Senin (29/6/2020). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia adalah Diabetes. Diabetes adalah kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memeroses glukosa dalam darah atau yang dikenal sebagai gula darah.

"Tanpa perawatan yang baik, diabetes akan menyebabkan penumpukan gula darah hingga meningkatkan resiko komplikasi seperti stroke dan jantung koroner," ujar Dokter Spesialis Gizi RS Awal Bros Batam, dr Brain Gantoro, SP.GK dalam Tribun Podcast, Senin (29/6/2020).

Tak sedikit pasien Covid-19 memiliki penyakit penyerta yaitu jenis penyakit metabolik seperti hipertensi dengan diabetes.

Penyakit metabolik sendiri merupakan penyakit yang menyerang metabolisme tubuh yang juga akan menurunkan imun tubuh. Sehingga mengapa orang yang memiliki penyakit penyerta cenderung beresiko. Karena metabolisme tubuhnya berbeda dengan orang lainnya.

Untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat, tentunya terlebih dahulu perlu mengetahui jenis-jenis diabetes.

Menurut dr Brain, diabetes memiliki beberapa tipe. Di antaranya Tipe 1 dimana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta pada pankreas, tempat insulin dibuat. Hal tersebut menyebabkan tubuh gagal memproduksi insulin.

Tipe 2, yaitu dimana tubuh dapat memproduksi insulin hanya saja sel tubuh tidak merespon insulin tersebut akibatnya glukosa akan menumpuk dalam darah dan biasanya disebabkan oleh obesitas.

"Yang paling umum dijumpai adalah diabetes tipe 2 karena berasal dari pola hidup yang tidak dijaga dan olahraga yang tidak teratur," ujarnya.

Selanjutnya tipe 3, Diabetes Gestasional. Yaitu terjadi pada perempuan hamil karena beberapa orang menjadi kurang sensitif terhadap insulin dalam tubuh.

Halaman
12
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved