BATAM TERKINI

DAFTAR 8 Kecamatan di Batam yang Kini Berstatus Zona Kuning, Batu Ampar hingga Batam Kota 

Penetapan status zona tersebut, menurutnya tergantung pada kriteria jumlah kasus yang ditetapkan untuk masing-masing warna zonanya.

FREEPIK.COM
Ilustrasi covid-19. Saat ini 8 kecamatan di Batam berstatus zona kuning 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sejak beberapa hari lalu, 8 kecamatan dalam peta situasi terkini Covid-19 yang ditetapkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam berubah menjadi kuning.

Hal ini dibenarkan oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 di Kota Batam.

"Kuning itu 8 yang ada, pulau 3 tidak masuk," ujar Rudi diwawancarai di Kantor Walikota Batam, Senin (29/6).

Penetapan status zona tersebut, menurutnya tergantung pada kriteria jumlah kasus yang ditetapkan untuk masing-masing warna zonanya.

"Kriteria yang kita mau misalnya, 1 sampai sekian, zonanya warnanya ini. Hijau dari berapa sampai berapa, kuning dari berapa sampai berapa," ujarnya.

Di dalam peta Tim Gugus Tugas Covid-19, telah tercantum indikator masing-masing warna zona, yakni jumlah kasus di atas 31 ke atas termasuk ke dalam zona hitam, 21 - 30 termasuk zona merah, 12 - 20 termasuk zona oranye, 1 - 11 termasuk zona kuning, dan 0 kasus untuk zona hijau.

BEGINI Cara Mengadu ke Disdik Batam Jika Anak Tak Diterima Sekolah Negeri saat PPDB Online

Menurut data tersebut, saat ini tidak ada satu Kecamatan yang jumlah kasus dirawat melebihi 11 orang, sehingga 8 Kecamatan seperti Sekupang, Batu Ampar, Sagulung, Bengkong, Lubuk Baja, Nongsa, Batam Kota, dan Sei Beduk tergolong dalam zona kuning.

"Kalau kita mengartikan yang sisa 31 orang itu zona kuning, berarti harus habis kalau mau zona hijau," jelas Rudi.

Kendati sebagian besar wilayah telah berubah warna, Walikota mengaku masih belum puas.

Targetnya, seluruh wilayah di Kota Batam dapat berubah warna menjadi hijau.

"Hari ini kita bersyukur sudah kuning, tapi belum sempurna karena ada satu kluster yang belum diselesaikan. Saya belum puas karena ini baru kuning, saya ingin ini jadi hijau," ujar Rudi.

Langkah selanjutnya, pihaknya akan segera menghubungi Kementerian Kesehatan Singapura apabila zona wilayah sudah berubah menjadi hijau, untuk menyatakan bahwa Batam sudah aman dan terbebas dari Covid-19.

"Kalau ini semua sudah jadi hijau maka kita bisa sampaikan Batam sudah selesai. Maka kita minta buka lalu lintas manusia dari Singapura, Malaysia, ke kita," tambah Rudi. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved