ANAMBAS TERKINI

Jadi Kampung Tangguh Nusantara, Kapolres Anambas Ungkap Alasan Pilih Desa Tiangau

Menurutnya,masyarakat Desa Tiangau sudah siap dari segi kesehatan & akses masuk kampung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra saat meninjau lokasi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan, Selasa (30/6/2020) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam menetapkan Desa Tiangau, Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Anambas sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Ia membeberkan alasan dipilihnya Desa Tiangau sebagai Kampung Tangguh Nusantara dengan melihat berbagai aspek wilayah.

Menurutnya, masyarakat Desa Tiangau sudah siap dari segi kesehatan dan akses masuk kampung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Secara garis besar desanya sudah siap. Mulai dari kesehatan kemudian pintu masuk ke depan sampai dengan masyarakatnya sudah mulai menyadari untuk mencegah Covid-19," ujar Cakhyo, Selasa (30/6/2020).

Selain itu, dari segi ekonomi dan sosial, masyarakat Desa Tiangau sudah mampu untuk memberikan ketahanan pangannya sendiri.

Kejari Bintan Pindahkan 16 Tahanan ke Rutan Tanjungpinang, Ini Prosedur Barunya di Masa Covid-19

Dicap Tumbuhan Liar, Putri Malu Ternyata Punya Banyak Khasiat, Bahkan Mampu Obati Penyakit Ganas

"Itu kita lihat mulai dari peternakan, perkebunan sampai tanaman palawija mereka sudah tanam di sini. Sehingga masyarakat di sini kita rasa mampu untuk mempertahankan ekonomi mereka apabila ada wabah Covid-19 atau ada bencana lainnya," tuturnya.

Di samping itu untuk meningkatkan ketahanan pangan, pihak Polres Anambas juga akan membina masyarakat agar siap dan tangguh tanpa bantuan dari pemerintah daerah.

"Jadi tidak selalu meminta bantuan dari pemerintah, namun ke depannya bisa kita rasakan mereka ini bisa membantu masyarakat lainnya," kata Cakhyo.

Sedangkan untuk menunjang semangat masyarakat ini, pihak Polres Kepulauan Anambas sudah menyiapkan anggaran 100 persen untuk masyarakat.

"Istilahnya program Polri sebagian besar akan kita tujukan kepada Desa Tiangau ini, mulai dari Babinkamtibmas, kegiatan pembinaan masyarakat, pembinaan penggalangan, akan difokuskan ke Desa Tiangau," ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved