Tak Hanya Jadi Tujuan Wisata, Desa Tiangau Anambas Jadi Kampung Tangguh Nusantara, Ini Kata Wabup

Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas mendukung adanya Kampung Tangguh Nusantara di Desa Tiangau, Arung hijau, Kecamatan Siantan, Selatan

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra saat meninjau lokasi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan, Selasa (30/6/2020) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas mendukung adanya Kampung Tangguh Nusantara di Desa Tiangau, Arung hijau, Kecamatan Siantan, Selatan.

Itu terkait penanggulangan Covid-19.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra saat menghadiri peresmian Kampung Tangguh Nusantara, Selasa (30/6/2020).

Wan memang tak ragu lagi dengan ketangguhan desa itu. Pasalnya, ia menilai dari dulu Desa Tiangau memang sudah menjadi daerah perkebunan.

"Rata-rata di sini mempunyai lahan olahan. Tinggal bagaimana kita bisa mendorong agar masyarakat lebih meningkatkan bagaimana mengolah lahan dan mempersiapkan bahan pokok yang bisa disediakan," jelasnya.

 4 Pencuri Spesialis Apotek di Tanjungpinang Ditangkap Polisi di Pelabuhan Roro Tanjunguban

 Berduaan di Dalam Rumah, Sepasang Muda-mudi di Karimun Digerebek Warga, Mengaku Masih Keluarga

Tentunya dari kecamatan hingga kabupaten sangat mendukung segala kegiatan. Tinggal pencanangannya saja Kampung Tangguh Nusantara ini dipadukan dengan pencanangan dengan desa yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Desa Tiangau sudah jadi desa wisata, apalagi sudah ada kelompok kesadaran masyarakat tentang wisata. Tinggal kita menyesuaikan sehingga kegiatan kedepannya menjadi tepat sasaran, semua pencanangan kampung ini bisa dirasakan seluruh warga," ungkapnya.

Sebelum melakukan pemantauan lokasi, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra didampingi Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam menabuh gong dan pemotongan pita sebagai simbolis bahwa Desa Tiangau menjadi Kampung Tangguh Nusantara di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Alasan Pilih Desa Tiangau

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam menetapkan Desa Tiangau, Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Anambas sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Ia membeberkan alasan dipilihnya Desa Tiangau sebagai Kampung Tangguh Nusantara dengan melihat berbagai aspek wilayah.

Menurutnya, masyarakat Desa Tiangau sudah siap dari segi kesehatan dan akses masuk kampung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Secara garis besar desanya sudah siap. Mulai dari kesehatan kemudian pintu masuk ke depan sampai dengan masyarakatnya sudah mulai menyadari untuk mencegah Covid-19," ujar Cakhyo, Selasa (30/6/2020).

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved