Breaking News:

Aplikasi Ceisa FTZ Disempurnakan, BC Batam Adakan Sosialisasi Daring

Ceisa FTZ merupakan aplikasi bagi pengguna jasa kepabeanan dan cukai untuk memudahkan pemenuhan kewajiban kepabeanan dan cukai

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Gedung Bea Cukai Batam di Batuampar, Batam, Kepri. Bea Cukai berkomitmen mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan kepabeanan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bea Cukai berkomitmen mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan kepabeanan. Karena itu, Bea Cukai telah menyempurnakan aplikasi Ceisa FTZ (Free Trade Zone) yang berlaku sejak Mei 2020 lalu.

Ceisa FTZ merupakan aplikasi bagi pengguna jasa kepabeanan dan cukai untuk memudahkan pemenuhan kewajiban kepabeanan dan cukai, khususnya pemenuhan dokumen Pemberitahuan Pabean Free Trade Zone (PP-FTZ) ketika melalui Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, mengakibatkan terbatasnya kegiatan-kegiatan yang sifatnya tatap muka, namun Bea Cukai tetap komitmen untuk tidak berhenti mengedukasi masyarakat.

Bea Cukai Batam mengadakan sosialisasi secara daring terkait mandatory CEISA FTZ atas implementasi PMK Nomor 42/PMK.04/2020 tentang Pemberitahuan Pabean dalam rangka Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan yang telah ditetapkan sebagai KPBPB.

Sosialisasi dibuka Kepala Subbagian Dukungan Teknis Puji Suharso. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar sosialisasi ini dapat dipahami para peserta sehingga saat penerapan nanti tidak terjadi kendala kedepannya.

PPDB Karimun, Sekolah Swasta Turunkan Kuota Peserta Didik Akibat Pandemi Virus Corona

Sehari Pasca Dirazia Disperindag Batam, Begini Situasi Terkini di Lucky Plaza

“Penerapan mandatory ini dilakukan secara bertahap. Kami harap bapak/ibu sekalian dapat beradaptasi dengan cepat agar pelayanan dapat menjadi lebih baik lagi,” ucap Puji, dalam rilis yang diterima Tribunbatam.id, Selasa (7/7/2020).

Selanjutnya, pemateri menjelaskan tata cara pengisian dokumen kepabeanan di aplikasi CEISA FTZ. Tidak lupa mengadakan sesi tanya jawab untuk memastikan para peserta yang belum memahami materi yang telah disampaikan.

(*/TRIBUNBATAM.id/Rebekha Ashari Diana Putri)

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved