Breaking News:

PPDB KARIMUN

Kadisdik Bakri Hasyim Konsultasi Sampai Kemendikbud Bahas Persyaratan Umur pada PPDB Karimun

Meski demikian, para calon peserta didik dapat diterima melalui kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan sekolah.

TRIBUNBATAM.ID/DOK
Seorang calon walimurid peserta didik mendaftarkan anaknya ke sebuah SMP di Karimun, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Sejumlah calon peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMP ) diketahui memiliki usia di atas ketentuan persyaratan saat Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) Karimun secara online.

Hal ini ditemukan oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Karimun tahun ajaran 2020/2021.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dengan nomor: 008/Disdik/IV/2020, tentang petunjuk teknis PPDB pada TK, SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021, batasan usia PPDB SMP online berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2020.

Meski demikian, para calon peserta didik dapat diterima melalui kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan, kebijakan yang diambil adalah anak-anak yang berusia belum 17 tahun dapat melakukan pendaftaran secara offline.

Walaupun mereka mendaftar di sekolah yang telah menerapkan PPDB online, namun domisilinya termasuk ke dalam zonasi sekolah tersebut.

"Terkait umur. Dalam aplikasi (PPDB Online), yang 15 tahun lebih tidak bisa masuk. Tapi yang lewat sedikit 16 tahun tetap kami terima. Tapi penerimaannya melalui offline," kata Bakri, Selasa (7/7/2020).

Dijelaskan Bakri, pihaknya telah menelusuri aturan terkait batasan usia tersebut hingga ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

"Kementerian menyampaikan ternyata tidak masalah. Karena di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) tidak bermasalah. Yang kami takutkan bermasalah di Dapodik," jelasnya.

Namun apabila ada calon siswa SMP yang telah mencapai 18 atau lebih, lanjut Bakri, maka pihaknya menyarankan untuk melanjutkan belajar di Paket B atau setara SMP.

Halaman
1234
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved