Breaking News:

BATAM TERKINI

Penderita di Batam Masih Ratusan Orang, Apa Itu Vaksin BCG Untuk Lindungi Diri dari TBC?

Tuberkulosis merupakan penyakit akibat bakteri yang menyerang organ paru manusia dan diklaim bisa dicegah dengan vaksin BCG. Apa itu vaksin BCG?

Penulis: Tri Indaryani | Editor: Tri Indaryani
Istimewa
Ilustrasi. Vaksin BCG diklaim bisa melindungi diri dari penyakit TBC. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hingga saat ini, di wilayah Batam masih ditemukan kasus tuberkulosis (TBC). Bahkan, pada Januari lalu jumlah penderita TBC di Batam mencapai 330 orang dan menjadi kasus TBC terbanyak di Batam sepanjang 2020.

Selanjutnya, selama Februari jumlah penderita TBC turun jadi 248 kasus, Maret 224 kasus, April 179 kasus, dan Mei 149 kasus. 

Tuberkulosis merupakan penyakit akibat bakteri yang menyerang organ paru manusia.

"Kasus TB merata di Batam," ujar Kasie Dinas Kesehatan Kota Batam, Yantri Wirmansyah, ketika dihubungi Tribun Batam, Rabu (15/7/2020).

Hanya saja pada bulan Juni, kasus TBC kembali meningkat sebanyak 161 kasus.

Berbeda dengan DBD yang tidak memakan korban jiwa, selama April, Mei dan Juni 2020, sudah ada 11 penderita TBC yang meninggal dunia.

Meski demikian, Yantri mengaku kasus TBC di Kota Batam masih dapat ditangani, kendati pun ada satu penyakit ganas lainnya yang saat ini tengah mewabah, yaitu Covid-19.

Saat ini di Kota Batam sendiri ada 5 orang dokter spesialis paru yang tersebar di beberapa rumah sakit dan puskesmas di Kota Batam. Ada 1 dokter spesialis paru di RSBP Batam, 2 dokter di RS Embung Fatimah Batam, 1 dokter di RS Elisabeth, dan 1 di RS Awal Bros.

"Sampai saat ini masih bisa ditangani semua. Dokter spesialis paru yang ada dimaksimalkan kerjanya," ujar Yantri. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved