Breaking News:

PILWAKO BATAM

Dua Komisioner KPU Batam Datangi Pengadilan Negeri Batam, Ini Agendanya

Seperti diketahui, mencalonkan diri sebagai kepala daerah termasuk Pilwako Batam harus memenuhi syarat yang ditetapkan Undang Undang.

TribunBatam.id/Leo Halawa
Dua komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Batam, menyembangi Pengadilan Negeri Batam, Selasa (18/8) sore. Keduanya adalah William Seipattiratu dan Martius. TRIBUN BATAM/ LEO HALAWA 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Batam, mendatangi Pengadilan Negeri Batam.

Keduanya adalah William Seipattiratu dan Martius. William Seipattiratu mengenakan baju kemeja lengan pendek warna biru berkombinasi dengan celana warna hitam.

Sementara rekannya Martius mengenakan kemeja lengan panjang warna putih dengan celana warna kecoklatan.

Kedatangan mereka bertujuan untuk berkoordinasi seputar Pilwako Batam.

"Kami ke sini koordinasi saja. Sebab, dalam pendaftaran pilwako nanti dibutuhkan surat syarat bebas pidana dari pengadilan negeri. Jadi sebatas koordinasi saja," kata William, Selasa (18/8/2020) sore.

Seperti diketahui, mencalonkan diri sebagai kepala daerah termasuk pemilihan walikota (Pilwako) Batam harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Undang-undang.

Salah satunya adalah syarat sebagaimana amanah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-undang.

Yakni Pasal 7 ayat 2 huruf (g) tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana.

Sementara pada huruf (h) berbunyi tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap; (i). tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian.

Halaman
123
Penulis: Filemon Halawa
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved