Breaking News:

TRIBUN WIKI

Dikenal Sebabkan Kematian Tanpa Gejala, Apa Itu Happy Hypoxia pada Kasus Covid-19?

Happy hypoxemia adalah kurangnya kadar oksigen dalam darah tetapi tidak diikuti gejala atau keluhan pada organ tubuh lain.

freepik.com
ILUSTRASI - Happy hypoxemia adalah kurangnya kadar oksigen dalam darah tetapi tidak diikuti gejala atau keluhan pada organ tubuh lain. 

Editor: Widi Wahyuning Tyas

TRIBUNBATAM.id - Belakangan ini, istilah happy hypoxia ramai diperbincangkan karena dianggap dapat membuat pasien Covid-19 meninggal tanpa menunjukkan gejala.

Lantas, apa sebenarnya happy hypoxia?

Melansir Kompas, Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto pertama-tama menjelaskan, secara umum suatu infeksi di jaringan paru disebut sebagai pneumonia.

Pneumonia akan menyebabkan gangguan sirkulasi oksigen masuk ke dalam darah, yaitu gangguan disfungsi atau gangguan pada vaskuler (pembuluh darah).

Hal ini membuat darah tidak teroksigenisasi.

"Akibatnya, itulah yang disebut sebagai kandungan oksigen dalam darah rendah atau disebut hipoksemia," kata Agus.

Apa itu hipoksemia (hypoxemia)?

Hypoxemia atau hipoksemia adalah kurangnya kadar oksigen dalam darah, yang menyebabkan terjadi gangguan beserta keluhan pada organ tubuh lainnya.

Sedangkan, silent hypoxemia adalah kurangnya kadar oksigen dalam darah tetapi tidak diikuti gejala atau keluhan pada organ tubuh lain.

Halaman
1234
Editor: Widi Wahyuning Tyas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved