Breaking News:

BATAM TERKINI

APAKAH UMK Batam 2021 Bakal Naik? Begini Penjelasan Kadisnaker

Tahun 2020 segera berakhir dan akan digantikan tahun 2021. Lantas, apakah tahun 2021 juga akan diikuti kenaikan UMK di tengah lesunya ekonominya.

kompas.com
UMK Batam - Besaran UMK Kota Batam menduduki posisi nomor tiga setelah Karawang dan Jakarta. Foto Ilustrasi 

Editor : Tri Indaryani

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Di tengah pandemi covid-19 yang diikuti lesunya ekonomi, muncul pertanyaan apakah UMK 2021 juga akan naik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya?

Menjawab hal itu, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam belum membahas mengenai Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) untuk tahun 2021.

Hal itu ditegaskan Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Syakirti saat ditemui di kantornya, Sekupang, Selasa (15/9/2020) pagi, pihaknya masih menunggu pertumbuhan inflasi secara nasional.

"Kita belum ada pembahasan sampai ke situ, mungkin pembahasannya bulan Oktober. Belum mendapat arahan," ucapnya.

Terkait pembahasan itu, kata dia pihaknya masih menunggu hasil pertumbuhan ekonomi dan inflasi kota Batam yang dikeluarkan BPS secara nasional.

"Kalau kita prinsipnya siap untuk membahas pengupahan UMK 2021 mendatang, namun kan perlu dasar pengkajiannya terlebih dahulu," katanya.

Sementara, lanjutnya, dasar menetapkan besaran pengupahan kota/kabupaten itu sudah diatur dalam PP 78 tahun 2015, hal itu sesuai dengan pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

JADWAL Mediasi Perusahaan dan Karyawan di Batam, 4 Perusahaan Hadapi Masalah dengan Pekerja

"Hasil pertumbuhan ekonomi dan inflasi kita kan belum dikeluarkan statistik secara nasional, kita asih menunggu itu," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga belum mendapatkan usulan baik dari asosiasi pengusaha maupun serikat pekerja.

Halaman
12
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved