Breaking News:

PILKADA KEPRI

KPU Kepri Ingatkan Bapaslon Pilkada Kepri Tak Gunakan Anggaran Negara untuk Dana Kampanye

Sumber dana kampanye, diakui Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung S boleh didapatkan dari bapaslon, sumbangan perseorangan, kelompok masyarakat.

TribunBatam.id/Endra Kaputra
KPU KEPRI - Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung S. Pihaknya menegaskan bakal pasangan calon tidak menggunakan anggaran Negara dalam dana kampanye. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri mengingatkan bakal pasangan calon tidak menggunakan sumber anggaran negara untuk dana kampanye.

Ini disampaikan karena setiap penghubung bakal pasangan calon diminta menyiapkan laporan awal dana kampanye pada 25 September 2020.

Sumber dana kampanye, diakui Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung S boleh didapatkan dari bakal pasangan calon, sumbangan perseorangan, kelompok masyarakat yang tergabung organisasi, dan perusahaan berbadan hukum yang legal.

"Pada 23 September LO sudah juga mulai mendaftarkan rekening khusus dana kampanye. Tidak boleh bergabung dengan rekening Parpol atau pasangan calon," sebut Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung S, Kamis (17/09/2020).

Selain itu, baik perseorangan atau perusahaan asing juga tidak dibenarkan dalam pemeberian bantuan dana kampanye terhadap Paslon.

Untuk batas maksimal sumbangan dana kampanye. Dari perseorangan sebesar Rp 75 juta, Parpol, Ormas, Perusahaan badan hukum jelas sebesar Rp 750 juta.

"Sebab dalam pemberian dana kampanye harus diisi identitas jelas, dan sumber keuangan juga jelas, bukan dari tindak kejahatan.

Pemberiannya juga bisa parsial, jadi gak langsung batas maksimal itu. Jadi catatan, jangan lebih dari batas yang sudah ditentukan," ucapnya.

KPU pun akan melakukan pengecekan penerimaan dana kampanye mulai dari 25 September, 31 Oktober, dan 6 Desember 2020.

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved