Breaking News:

BATAM TERKINI

Buruh Gelar Aksi Mogok Kerja, Pjs Walikota Batam Cemaskan Penyebaran Covid-19 

Menurutnya mogok kerja bisa dilakukan apabila beberapa kali perundingan tidak capai kesepakatan baru diperbolehkan mogok kerja.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TribunBatam.id/Ichwannurfadillah
TOLAK OMNIBUS LAW - Pekerja di kawasan industri Kabil mogok kerja menolak Omnibus Law, Selasa (6/10/2020). 

Editor : Tri Indaryani

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum menegaskan di tengah pandemi Covid-19, para pekerja dikhawatirkan tidak patuhi protokol kesehatan apabila melakukan mogok kerja.

Apalagi beberapa waktu yang lalu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 didominasi kaum pekerja.

"Saya terus terang saja ketika terjadi case sampai 300 lebih yang diberitakan, saya panggil Himpunan Kawasan Industri dan pengusaha. Saya kirim juga kawan-kawan untuk mengecek protokol kesehatan apakah dijalankan atau tidak," ujar Syamsul di Batam Center, Selasa (5/10/2020).

Ia melanjutkan, ternyata hasil dari pemantauan di lapangan, seluruh perusahaan sudah patuhi protokol kesehatan. Bahkan dimulai sejak masuk dalam komplek kawasan industri.

Hanya saja kondisi setelah kerja mereka yang tidak bisa dipastikan. Berarti penyebaran virus terjadi di eksternal.

"Misalnya di Kantin mereka makan bersama-sama. Di Dormitori mereka kumpul. Mungkin karena mereka penat kerja seharian penuh, mereka pergi refreshing," katanya.

Ditanya Soal UMK Batam 2021, Begini Jawaban Pjs Walikota Batam Syamsul Bahrum

Diakuinya kasus di kawasan industri adalah kasus impor. Kasus diluar kawasan tersebut. Jadi bukan terdampak didalam perusahaan.

Menurutnya mogok kerja bisa dilakukan apabila beberapa kali perundingan tidak capai kesepakatan baru diperbolehkan mogok kerja.

Berbagai aturan yang harus dibuat beserta perizinannya.

"Saya kira mogok kerja bukan jawaban dari satu pertanyaan. Kita tahan diri dulu sampai pemerintah ambil antisipatif," katanya. (Tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved