Breaking News:

Kenali Kunci Perawatan Kulit untuk Mengatasi Stretch Mark Selama dan Pasca Kehamilan

Stretch mark biasanya mulai terlihat di trimester kedua dan muncul di area-area seperti perut, paha, payudara, dan pinggul.

kompas.com
Ilustrasi - perawatan kulit untuk mengatasi stretch mark selama dan pasca kehamilan 

Editor: Lia Sisvita Dinatri

TRIBUNBATAM.id - Stretch mark adalah suatu perubahan fisik yang umum terjadi pada ibu hamil

Masalah kulit satu ini muncul karena perubahan fisik ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan. 

Stretch mark biasanya mulai terlihat di trimester kedua dan muncul di area-area seperti perut, paha, payudara, dan pinggul. 

Beberapa ibu hamil ada yang menerima munculnya stretch mark. Namun ada pula yang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya karena stretch mark membuat kulit terlihat tak mulus lagi. 

Selain itu, terkadang stretch mark membuat kulit menjadi kendur serta terasa kering dan gatal karena kelembapannya berkurang.

Namun jangan khawatir, stretch mark yang muncul selama masa kehamilan atau setelahnya bisa dihilangkan dengan intervensi dini. 

Kuncinya, ibu hamil harus rajin melakukan perawatan kulit jauh sebelum stretch mark muncul. Tapi perawatan kulit yang dilakukan berbeda dengan perawatan pada umumnya. 

"Kulit cenderung berubah selama kehamilan. Perawatan kulit rutin yang umum mungkin tidak terlalu efektif. Jadi pahami nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan," kata ahli Ayurveda Dr Prathibha Babshet seperti dikutip IOL. 

Dirinya mengatakan, ada dua langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengatasi stretch mark selama dan pasca kehamilan. Pertama, memijat kulit dengan minyak zaitun, biji gandum, almond, dan wijen.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved