Breaking News:

Aliansi BEM Seluruh Indonesia Sindir Jokowi Pilih Kabur Lihat Itik saat Demo Tolak UU Cipta Kerja

Aliansi BEM SI menyayangkan Jokowi memilih pergi ke Pulang Pisau, Kalteng menengok kawasan lumbung pangan di antaranya melihat peternakan itik

BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo. Aliansi BEM Seluruh Indonesia Sindir Jokowi Pilih Kabur Lihat Itik saat Demo Tolak UU Cipta Kerja 

TRIBUNBATAM.ID - Pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja memicu unjuk rasa massal di sejumlah daerah.

Demo dari aliansi mahasiswa, buruh dan pelajar di beberapa daerah pecah dengan terjadi bentrok antara massa dan polisi.

Baca juga: Mahasiswa Kembali Gelar Demo di Gedung DPRD Batam, Hanya 50 Orang Diizinkan Gelar Aksi 

Baca juga: Saya Dipukul, Dipaksa Ngaku Provokator: Pengakuan Mahasiswa UGM Saat Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja

Pascaunjuk rasa besar-besaran din di Indonesia, Presiden Joko Widodo menyampaikan disinformasi dan hoaks di media sosial jadi pemicu unjuk rasa.

Di lain sisi, sejumlah pihak menuding DPR dan pemerintah tak transparan dan menantang membuka draf UU Cipta Kerja untuk membuktikan siapa yang benar dan salah.

Pengunjukrasa yang berasal dari buruh, mahasiswa, dan pelajar terlibat bentrok dengan polisi saat unjuk rasa di sekitar Patung Kuda Jakarta, Kamis (8/10/2020). Mereka menuntut pemerintah untuk membatalkan UU Cipta Kerja yang dinilai memberatkan pekerja.
Pengunjukrasa yang berasal dari buruh, mahasiswa, dan pelajar terlibat bentrok dengan polisi saat unjuk rasa di sekitar Patung Kuda Jakarta, Kamis (8/10/2020). Mereka menuntut pemerintah untuk membatalkan UU Cipta Kerja yang dinilai memberatkan pekerja. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Salah satu yang vokal menyuarakan menolak Omnibus Law adalah kalangan mahasiswa, yang menuding pemerintah memutarbalikkan narasi.

Selepas menggelar aksi, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) merilis sejumlah pernyataan sikap soal penolakan terhadap UU Cipta Kerja yang masih akan terus digaungkan hingga beleid itu dibatalkan.

Baca juga: Pangdam Jaya Tak Ingin TNI Dicap Cari Muka, Bantah Berikan Tameng ke Mahasiswa Demo UU Cipta Kerja

Berikut sikap mereka:

1. Kami Belum Kalah

"Kami Aliansi BEM SI menegaskan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menanamkan niat dan usaha yang kuat, bahwasanya kita belum kalah!" ungkap Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian melalui keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Aliansi BEM SI mengeklaim tetap akan mendesak agar UU Cipta Kerja dapat dibatalkan, termasuk dengan mendesak Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Perppu.

Baca juga: Akan Bantai Polisi di Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, 2 Mahasiswa Ngaku Iseng Minta Maaf

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved