Breaking News:

DEMO BURUH DI BATAM

UMP Kepri 2021 tak Naik, Buruh Batam Keluarkan Petisi dan Serahkan ke Kadisnaker Kepri, Ini Isinya!

Saat demo di Graha Kepri, wakil buruh Batam memberikan tiga poin alasan penolakan terhadap SE Menteri Tenaga Kerja tentang tidak naiknya UMP 2021.

TRIBUNBATAM.id/HENING SEKAR UTAMI
Buruh kembali menggelar aksi demo dan menyatakan sikap tegas menolak UU Omnibus Law serta menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di depan gedung Graha Kepri Batam. 

Editor : Tri Indaryani

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Perwakilan buruh menyerahkan lampiran petisi kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kepri, Mangara M Simarmata.

Petisi ini diserahkan pada kesempatan demonstrasi buruh menolak Omnibus Law dan SK Gubernur Kepri tentang UMP pada Senin (2/11/2020).

Adapun isi petisi memuat penyataan sikap atas dua arah tuntutan berbeda.

Kepada Kadis Ketenagakerjaan Kepri, buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini, memberikan tiga poin alasan penolakan terhadap SE Menteri Tenaga Kerja tentang tidak naiknya UMP 2021.

Tiga poin alasan tersebut adalah:

1. Tidak mencerminkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan karena pekerja juga pihak yang merasakan kondisi sulit yang ada saat ini.

Baca juga: INI 2 Tuntutan Buruh Batam saat Gelar Demo di Gedung Graha Kepri, Soal UMP hingga Omnibus Law

2. Akan mendegradasi kesejahteraan kaum pekerja.

3. Akan menurunkan daya beli para pekerja yang akan berimbas pada turunnya pertumbuhan ekonomi dan bertambahnya orang miskin.

Berdasarkan pertimbangan itu, FSPMI meminta Gubernur Kepri untuk mengabaikan SE Menaker tentang tidak naiknya UMP 2021 tersebut, serta tetap menaikan upah minimum kabupaten/kota di Kepri tahun 2021.

"Kita akan sampaikan nanti ke Gubernur," ujar Mangara singkat, setelah menerima pernyataan sikap tertulis dari para buruh yang ditandatangani oleh Ketua DPW FSMPI Kepri, Nefrizal. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved