Breaking News:

Pertama di Dunia, Singapore Airlines Uji Coba Aplikasi Baru untuk Verifikasi Hasil Tes COVID-19

Warga Singapura yang kembali dari Jepang pada 21 Desember, menjadi orang pertama di dunia yang menggunakan aplikasi kesehatan Covid-19 digital, ketika

Channel News Asia
Singapore Airlines sedang menguji coba penggunaan sertifikat kesehatan digital yang memberikan informasi tentang tes COVID-19. (Foto: Affinidi via Facebook/Ong Ye Kung) 

TRIBUNBATAM.id, SINGAPURA - Singapore Airlines (SIA) telah memulai uji coba pada aplikasi verifikasi kesehatan digital yang memungkinkannya untuk memvalidasi hasil tes Covid-19 penumpang dan informasi vaksinasi.

Langkah ini bertujuan untuk memfasilitasi pemulihan perjalanan udara. 

Warga Singapura yang kembali dari Jepang pada 21 Desember, menjadi orang pertama di dunia yang menggunakan aplikasi kesehatan Covid-19 digital, ketika menyeberang ke perbatasan. 

Menurut International SOS, Kamar Dagang Internasional, dan AOKpass, penumpang yang tidak diungkap identitasnya pada penerbangan Singapore Airlines SQ637 dapat menggunakan ICC AOKpass, untuk secara resmi menunjukkan uji Covid-19 polymerase chain reaction (PCR) negatif setibanya di konter imigrasi Bandara Changi

"Ini adalah pertama kalinya otoritas imigrasi menggunakan sertifikat kesehatan berbasis blockchain yang dapat diverifikasi secara digital," kata pernyataan dari International SOS, seperti dikutip Channel News Asia, Rabu, (23/12/2020). 

Sertifikat tersebut telah dikeluarkan oleh Shinagawa East Medical Center di Jepang. 

"Mengikuti program percontohan yang sukses, semua pelancong, mulai dari Malaysia dan Indonesia sekarang akan dapat menggunakan ICC AOKpass untuk mengotentikasi secara digital hasil tes Covid-19 mereka, serta kredensial kesehatan lain yang diperlukan selama imigrasi di Bandara Changi," kata pernyataan itu. 

Singapore Airlines (SIA) mengatakan proses verifikasi kesehatan digital baru akan memberikan cara yang lebih cepat dan lebih aman untuk memvalidasi kredensial kesehatan penumpang daripada protokol yang ada. 

Dalam uji coba, yang dimulai pada Rabu, (23/12) wisatawan dengan penerbangan SIA dari Jakarta atau Kuala Lumpur yang melakukan tes Covid-19 di klinik tertentu di dua kota tersebut akan diberikan sertifikat digital atau sertifikat kesehatan kertas dengan kode QR. 

Staf check-in bandara dan otoritas imigrasi Singapura kemudian akan memindai kode ke dalam aplikasi untuk memverifikasi keaslian sertifikat tersebut, dan memastikan bahwa pelanggan memenuhi persyaratan masuk. 

Halaman
123
Penulis: Lia Sisvita Dinatri
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved