Breaking News:

Pasca Kerusuhan Gedung Capitol, Akhirnya Donald Trump Akui Kekalahan dari Biden

Setelah bersikukuh mengklaim bahwa dirinya dicurangi di Pilpres AS 2020, Presiden Donald Trump akhirnya mengakui kekalahannya.

Penulis: Lia Sisvita Dinatri | Editor: Lia Sisvita Dinatri
Business Insider via Intisari
Donald Trump 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Setelah bersikukuh mengklaim bahwa dirinya dicurangi di Pilpres AS 2020, Presiden Donald Trump akhirnya mengakui kekalahannya.

Hal tersebut ia sampaikan via rekeman video yang diunggah usai insiden kerusuhan Gedung Capitol yang dipicu oleh para pendukungnya. 

Lucunya, Donald Trump tidak memberikan selamat kepada Presiden Amerika Terpilih Joe Biden dalam video tersebut. 

Ia hanya menyampaikan bahwa dirinya tidak akan menjabat lagi dan proses transisi pemerintahan telah berlangsung. 

"Administrasi baru akan dilantik pada 20 Januari 2021 mendatang. Fokus saya saat ini adalah menjamin transisi berjalan dengan mulus dan sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya, dikutip dari CNN, Jumat, (8/1/2021). 

Pengakuan tersebut bukan yang pertama dari Donald Trump. Pengakuan serupa pernah ia lakukan tahun lalu, tak lama setelah Badan Layanan Umum memberi lampu hijau kepada Joe Biden untuk melakukan transisi pemerintahan. 

Badan Layanan Umum adalah lembaga yang memfasilitasi pemindahan wewenang dari satu administrasi ke administrasi berikutnya. 

Sama seperti pernyataannya yang terbaru, Donald Trump juga tidak terang-terangan mengakui Joe Biden sebagai pemenang Pilpres Amerika pada pernyataan sebelumnya.

Saat itu, ia hanya menyatakan akan meminta perangkat pemerintahannya untuk kooperatif dengan proses transisi. Setelah itu, ia tetap lanjut mengupayakan perubahan hasil Pilpres Amerika.

Baca juga: Media China Sebut Kerusuhan Massa Trump di Capitol Hill Sebagai Pemandangan yang Indah

Tinggal tersisa 13 hari lagi masa jabatan Donald Trump. Sekarang ia menjadi sorotan akan berbagai hal mulai dari upaya mengubah paksa hasil Pilpres Amerika, hingga terlibat dalam kerusuhan Capitol Hill.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved