Breaking News:

BATAM TERKINI

2 Usulan Tarif Parkir dari DPRD Batam, Harga Disesuaikan Jenis Kendaraan

Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha mengajukan dua saran bagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini.

ISTIMEWA
Wacana kenaikan tarif parkir menarik perhatian DPRD Kota Batam karena meski belum disahkan, telah menuai pro dan kontra. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Wacana kenaikan tarif parkir menarik perhatian DPRD Kota Batam karena meski belum disahkan, telah menuai pro dan kontra. 

Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha pun mengajukan dua saran bagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini.

Pertama, ia meminta pemerintah membenahi sistem penyetoran retribusi dari juru parkir ke Kas Daerah.

Ia menyarankan, agar para juru parkir dibekali dengan akun bank atau fasilitas m-banking untuk meminimalisir kebocoran dari tangan ke tangan.

Sistem penyetoran secara non tunai, atau melalui bank, menurutnya dapat mempermudah pengecekan jumlah setoran yang dibayarkan karena telah terekam oleh bank.

"Dengan adanya akun-akun seperti itu, maka bisa dicek ke bank atau melalui m-banking apakah jukir menyetor sesuai dengan jumlah yang ditetapkan. Intinya benahi dulu sistemnya, seperti apa yang sekiranya efisien dan meminimalisir kebocoran," jelas Utusan.

Baca juga: Pengusaha Parkir Tekor, Walikota Batam Minta Aturan Parkir Drop Off 15 Menit Dicabut

Selain itu, ia juga merekomendasikan pemerintah untuk menerapkan tarif parkir secara progresif sesuai dengan klasifikasi jenis kendaraan.

Semisal, kendaraan roda empat bermerek dengan harga tinggi dapat dikenakan tarif parkir yang lebih tinggi pula.

Menurutnya penetapan tarif parkir progresif dapat menjadi terobosan untuk menciptakan keadilan di tengah masyarakat dalam hal pembayaran retribusi.

"Bisa saja tarifnya dinaikkan, tapi ke depannya bisa menggunakan klasifikasi, misalnya mobil Mercedes dengan Agya dibedakan tarif parkirnya, yang mobil-mobil mewah bisa ditarif lebih besar. Saya kira itu bentuk keadilan juga," tambah Utusan. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved