Breaking News:

WISATA

7 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Sebelum ke Negara Timor Leste

Disamping memperhatikan rute perjalanan, sangat dihimbau agar WNI yang ingin berpergian ke Timor-Leste, untuk menyiapkan hal-hal sebagai berikut

visiteasttimor.com
Spot wisata di Timor Leste 

TRIBUNBATAM.id – Timor Leste adalah sebuah negara berdaulat di Asia Tenggara. Provinsi ke-27 Indonesia, memisahkan diri pada 19 Oktober 1999.Itu setelah, Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia secara resmi mengakui hasil konsultasi yang membubarkan dan melepaskan Provinsi Timor Timur dari Indonesia.

Timor Leste yang bertetangga dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, ibu kota negaranya, Dili. Negara dengan luas wilayah kurang lebih sekitar 15,410 km2 ini ketahui tahun 2020 populasi jumlah penduduk Timor Leste mencapai kurang lebih 1.318.445 jiwa.

Dikutip dari website Kementerian Luar Negeri RI kemlu.go.id, perjalanan ke Timor-Leste dapat ditempuh melalui jalur darat. Yakni melalui perbatasan Indonesia di Provinsi NTT, yang berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yaitu; Perbatasan Mota'ain dan Batugade, Motamasin-Suai, serta Wini - Sakto (Enclave Oecusse). Melalui jalur udara, terdapat satu rute penerbangan langsung Denpasar-Dili. 

Politisi Malaysia Ini Berlagak Ungkit Timor Leste, Tega Tuduh BJ Habibie Hendak Bubarkan Indonesia

Disamping memperhatikan rute perjalanan, sangat dihimbau agar WNI yang ingin berpergian ke Timor-Leste, untuk menyiapkan hal-hal sebagai berikut: 

1. Kondisi fisik

Kondisi Fisik: pastikan kondisi fisik WNI sehat, mengingat fasilitas kesehatan di Timor-Leste belum cukup memadai. Apabila WNI mengalami gangguan kesehatan, terdapat satu Rumah Sakit Umum, 1 Klinik Internasional (Stamford), dan klinik swasta (DMC), Klinik Malta.

2. Paspor RI

Timor Leste Dulu Ngotot Pisah Dari Indonesia, Kini Menyesal Karena Jadi Negara Termiskin di Dunia

WNI yang berpergian ke Timor-Leste wajib membawa identitas diri berupa Paspor RI.

3. Uang Tunai

WNI dihimbau untuk membawa uang tunai dalam bentuk Dolar Amerika Serikat. Seluruh transaksi keuangan di Timor-Leste menggunakan mata uang Dolar Amerika Serikat. Meskipun terdapat Bank Mandiri dan Bank BRI di Timor-Leste, namun ATM Bank Mandiri dan Bank BRI tidak dapat berfungsi (non-linked).

Halaman
12
Editor: Filemon Halawa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved