Breaking News:

WISATA

Sandiaga Uno Gagas Wisata Pendidikan di Bali, Diyakini Peluang dengan Protokol Kesehatan yang Tepat

Sandiaga menyampaikan, wisata pendidikan memiliki peluang untuk menarik wisatawan di Bali

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Santrian Art Gallery Sanur, Denpasar, Bali belum lama ini 

BALI, TRIBUNBATAM.id - Edutorism atau wisata berbasis edukasi  diyakini menjadi peluang dengan protokol kesehatan yang tepat. Hal ini diungkapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Jumat (29/1/2021).

Bahkan, pria bekas rival Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 lalu,  berencana membangun wisata pendidikan atau edutorism di Bali. 

Tak sekedar kata-kata, bahkan  Sandiaga Uno saat bertemu Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dan Kepala Dinas Pariwisata Bali, I Putu Astawa serta pimpinan Jakarta Inter Culture School, Tariq Aziz di kawasan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Supaya Tak Dingin, Ikuti 9 Tips Ini Jika Bepergian Wisata ke Pantai Saat Musim Hujan

Sandiaga menyampaikan, wisata pendidikan memiliki peluang untuk menarik wisatawan di Bali. "Kami mengatur pertemuan dengan Pak Kadis Pariwisata dan Pak Wagub Bali untuk menggagas edutorism atau wisata berbasis edukasi yang kebetulan menjadi peluang dengan protokol kesehatan yang tepat," ungkap Sandi.

Wisata pendidikan yang dimaksud Sandiaga yakni sekolah-sekolah bisa membuka kampusnya di Bali. Jakarta Inter Culture School menjadi pilot project rencana tersebut.

Jakarta Inter Culture School dipilih karena merupakan salah satu sekolah internasional terbesar dan tertua di Indonesia, yang berusia 70 tahun saat ini.

Lewat dukungan Pemerintah Provinsi Bali, edutorism juga akan didukung oleh sejumlah pengusaha hotel guna memfasilitasi proyek uji coba wisata pendidikan pertama di Bali.

Sandiaga Uno ke Kepri, Sekdaprov: Semoga Pertanda Bangkitnya Pariwisata & Ekonomi Kreatif

"Kami sepakat, dengan fasilitasi oleh pak Wagub dan Pak Kadis, ada beberapa hotel di Bali maupun fasilitas penunjang pariwisata yang bisa digunakan untuk mendukung pilot project dari edutorism yang berstandar protokol tinggi," katanya.

Inovasi dengan menghadirkan wisata pendidikan di Bali diyakini Sandiaga, dapat meningkat jumlah kunjungan yang ditargetkan mencapai 2.000 sampai 3.000 kunjungan wisata. 

Kunjungan tersebut diharapkan Sandiaga dapat mempertahankan sekaligus membuka sebanyak 5.000 sampai 10.000 lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Ini merupakan langkah awal yang kami harapkan menjadi inovasi-inovasi dari Pak Kadis dan Pak Wagub yang kami fasilitasi bersama jejaring dari pendidikan, baik internasional maupun pendidikan yang ada di kota-kota lain di Indonesia," pungkas Sandi.(*)

Meski di Tengah Pandemi, 4 Destinasi Wisata Dunia Terpopuler 2021, Termasuk Bali Indonesia

Syarat Terbaru Terbang dari Batam ke Jawa dan Bali, Tak Cuma Wajib Rapid Test Antigen

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menparekraf Sandiaga Uno Berencana Bangun Wisata Pendidikan di Bali 

BACA JUGA BERITA TERBARU TRIBUNBATAM.id di GOOGLE NEWS, klik di sini

Editor: Filemon Halawa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved