Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Antisipasi Krisis Air Bersih, Dinas PUPR Bakal Buat Sumur Bor di Tanjungpinang Timur

Pembangunan sumur bor di Tanjungpinang Timur itu akan menggunakan dana pusat sebesar Rp 1 Miliar.

TribunBatam.id/Noven Simanjuntak
Antisipasi Krisis Air Bersih, Dinas PUPR Bakal Buat Sumur Bor di Tanjungpinang Timur. Foto Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, Kamis (18/2/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemko Tanjungpinang bakal membuat sumur bor.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi menipisnya kebutuhan air bersih warga Tanjungpinang, terlebih saat minim hujan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Tanjungpinang mendata, salah satu permukiman yang membutuhkan sumber air bersih di Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Tahun 2021 ini, Dinas PUPR Tanjungpinang akan membangun satu unit sumor bor di daerah itu.

Adapun pembangunan ini merupakan bantuan dari pusat melalui satuan kerja terkait senilai Rp 1 miliar.

"Perlahan namun pasti kami urai persoalan itu. Apalagi ini kebutuhan utama warga Tanjungpinang," ujar Plt Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat, Kamis (18/2/2021).

Kondisi sumur milik warga di Pulau Kubung, Ngenang. Sumur menjadi sumber air bersih yang dimiliki warga pulau.
Kondisi sumur milik warga di Pulau Kubung, Ngenang. Sumur menjadi sumber air bersih yang dimiliki warga pulau. (tribunbatam.id/ichwan nur fadillah)

Zul menuturkan, bantuan ini merupakan komunikasi yang dibangun ke Pemerintah Pusat dan bukan kali pertama diperoleh oleh Pemko Tanjungpinang.

Selain sumur bor, Ia mengatakan berbagai sumber air termasuk SPAM milik Pemko Tanjungpinang turut dikelola yaitu dua SWRO (Sea Water Reverse Osmosis) yang berada di Batu Hitam dan juga Pulau Penyengat.

"Anggaran itu sudah termasuk untuk biaya penggalian sumur bor serta sambungan pipa ke rumah warga dan pendukung lainnya.

Bahkan tahun ini, berdasarkan data yang dimiliki SPAM yang dikelola Pemko Tanjungpinang sudah melayani 2 ribu rumah," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved