Breaking News:

VIRUS CORONA DI ANAMBAS

Vaksinasi Corona di Anambas Sentuh Sejumlah Kelompok Ini, 'Cakupannya Kian Luas'

Vaksinasi Corona di Anambas bahkan bisa diberikan kepada penyandang kanker dan penyakit autoimun, setelah dikonsultasikan ke dokter.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
tribunbatam.id/istimewa
Vaksinasi Corona di Anambas Sentuh Sejumlah Kelompok Ini. Penerima vaksinasi corona dosis kedua di Anambas berfoto di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa, Senin (15/2/2021) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana atau Dinkes PPKB Anambas menyebutkan bahwa kelompok sasaran tunda, yakni lansia, orang dengan komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui, bisa mendapatkan vaksinasi corona di Anambas.

Hal ini berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dengan nomor HK.02.02/11/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia komorbid dan penyintas Covid-19 serta sasaran tunda.

Sebelumnya Kepala Dinkes PPKB, Herianto tidak bisa melaksanakan vaksinasi corona di Anambas Covid-19 tahap I karena mempunyai komorbid.

Namun setelah adanya surat ederan tersebut ia bisa melakukan vaksinasi tahap I pada Senin (15/2) kemarin.

"Bukannya tidak mau divaksin, tapi saya punya komorbid.

Setelah surat ederan itu keluar saya sudah bisa vaksin kemarin," kata Herianto, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: AJAK Warga Perangi Covid-19 Agar Pintu Luar Negeri Dibuka, Rudi : Tak Usah Tunggu Vaksin! 

Baca juga: Plh Gubernur Kepri Sebut Vaksinasi Corona untuk Nakes Sudah 91 Persen

Forkompinda Anambas yang akan disuntik vaksin corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa, Senin (2/1/2021)
Forkompinda Anambas yang akan disuntik vaksin corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa, Senin (2/1/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

Dirinya yang juga menjabat sebagai koordinator operasi gugus tugas percepatan Penanganan Covid mengatakan, surat edaran itu didasari pada kajian komite penasihat ahli imunisasi nasional serta Perhimpunan dokter penyakit dalam (PAPDI) dan perhimpunan kardiologi Indonesia (Perki).

"Vaksin Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, ibu menyusui, penyintas Covid-19 setelah 3 bulan dan komorbid.

Tentunya harus tetap mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksin Covid-19," kata Herianto.

Saat pemberian vaksin Covid-19 untuk usia 60 tahun ke atas harus diberikan dua dosis dengan interval 28 hari, selain itu ada skrining tambahan bagi sasaran usia diatas 60 tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved