Breaking News:

Ini 13 Makanan yang Dapat Merusak Kesehatan Kulit

Menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda memang sangat penting. Namun, jika pola makan tidak dijaga ...

Kompas.com
Ilustrasi makanan manis 

TRIBUNBATAM.id - Mencuci muka sebelum tidur atau menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda memang sangat penting. 

Namun, jika pola makan tidak dijaga dengan benar, maka perawatan apa pun yang kita lakukan akan menjadi sia-sia. 

Ada banyak makanan yang bisa membuat kulit terlihat lebih muda, seperti makanan yang dikemas dengan kolagen dan antioksidan. 

Selain itu, ada juga makanan yang harus dihindari jika ingin mencegah kerutan, bintik-bintik penuaan, jerawat, atau masalah kulit lainnya.  

"Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan keriput, jerawat, kekeringan, dan perubahan umum pada tekstur kulit kita," jelas dokter kulit kosmetik Dr Michele Green. 

"Beberapa faktor itu termasuk pola makan, produk susu, gula, cokelat, makanan cepat saji, dan alkohol." 

Sejumlah penelitian sudah membuktikan adanya hubungan antara jerawat dan konsumsi makanan tertentu, sebut Green. 

"Diet dan jerawat menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan diet dapat berperan penting dalam perkembangan jerawat."

"Orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang yang memiliki sedikit atau tanpa jerawat," tambahnya. 

"Makanan kaya karbohidrat olahan termasuk roti, kerupuk, sereal, pasta, nasi putih, mi, soda, minuman manis, gula tebu, sirup maple, dan madu atau agave." 

Karena minuman ber alkohol mengandung gula, sebaiknya kita membatasi atau berhenti mengonsumsinya. Sebab, minuman ber alkohol dapat membuat kulit dehidrasi sehingga kulit tampak kering dan menimbulkan keriput. 

Setidaknya ada 13 makanan yang dapat merusak kesehatan kulit, dan seluruh makanan ini sebaiknya dihindari.

1. Daging berlemak 

"Saat menjalankan diet, penting untuk memastikan Anda mendapatkan makanan terbaik bagi kesehatan. Dalam hal daging, banyak yang mengandung lemak jenuh tinggi," tutur Green.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved