Breaking News:

AWAS! Kurang Tidur Saat Masa Haid Bisa Membuat Kulit Wajah Jadi Kusam

Sejatinya, perempuan pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan cerah dalam kondisi apapun. Namun tidak dapat dipungkiri, gangguan tidur saat meng

ilustrasi/thinkstock
Ilustrasi tidur 

TRIBUNBATAM.id - Sejatinya, perempuan pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan cerah dalam kondisi apapun. 

Namun tidak dapat dipungkiri, gangguan tidur saat mengalami haid dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit. 

"Kulit menjadi bagian tubuh paling terlihat jika kita kekurangan tidur karena letaknya berada di luar dan sangat luas." 

Demikian penuturan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, Dr Nessya Dwi Setyorini, SpDV dalam kegiatan talkshow virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat, (19/2/2021). 

Dokter Nessya mengatakan, masalah yang paling terlihat saat kita tidak memiliki kualitas tidur yang baik adalah kulit wajah tampak kusam dan munculnya tanda-tanda penuaan yang lebih cepat. 

Apalagi, di malam hari itu biasanya kulit kita melakukan perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit mati. Jika kita kurang tidur, proses tersebut otomatis dapat terhambat. 

Menurut The National Sleep Foundation (NSF), untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kita perlu menghabiskan waktu 85 persen sepenuhnya dengan tidur, tanpa melakukan kegiatan lain seperti bermain ponsel. 

Selain itu, kita juga harus tertidur dalam 30 menit atau kurang saat sudah berada di tempat tidur dan hindari terbangun lebih dari satu kali selama lebih dari 20 menit. 

"Tidur yang berkualitas itu harus mengikuti jam biologis sesuai dengan ritme sirkadian tubuh agar tidak menggangu organ-organ tubuh, termasuk kulit," terangnya. 

"Bagi orang dewasa, waktu tidur dengan kualitas yang baik itu direkomendasikan antara 7-8 jam. Tidak boleh kurang dari 6 jam dan tidak boleh lebih dari 10 jam," sambung dia. 

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 7 Makanan yang Bisa Memperlancar Haid

Baca juga: Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid, Manfaatkan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Halaman
123
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved