Breaking News:

BATAM TERKINI

URUS Izin Bakal Lebih Mudah, Ketua Apindo Batam Ingin PP 41/2021 Segera Diberlakukan

Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid, menyambut baik diterbitkannya PP Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan KPBPB

tribunbatam.id/dewi haryati
Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid, menyambut baik diterbitkannya PP Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan KPBPB 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid, menyambut baik diterbitkannya PP Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Menurutnya, sejumlah aturan di PP tersebut telah mengakomodir banyak kepentingan dunia usaha, khususnya di Batam.

PP itu dinilai memudahkan persoalan perizinan berusaha, serta peningkatan daya saing kawasan FTZ dengan negara tetangga.

"Tentunya kami akan informasikan ini segera kepada para pengusaha dari negara lain yang berminat menanamkan investasinya di kawasan FTZ. Kami berharap mereka tidak ragu lagi menanamkan investasinya," ujar Rafki Rasyid, ketika dihubungi, pada Senin (22/2/2021).

Meski demikian, ada beberapa hal yang patutu dikoreksi, menurut kacamata Apindo Batam.

Rafki memandang, ketentuan waktu penerbitan aturan turunan PP tersebut selama 4 bulan setelah terbit, dirasa terlalu lama.

Agar dampak langsung implementasi aturan PP Nomor 41 Tahun 2021 dapat segera dirasakan, maka sebaiknya penerbitan aturan turunan dapat dilaksanakan secepat mungkin.

 "Perkiraan kami, PP ini akan mulai berjalan dan membawa dampak di tahun ini juga. Kalau bisa jangan sampai menunggu 4 bulan untuk penerbitan aturan pelaksana di bawahnya," komentar Rafki.

Ia menilai PP 41/2021 ini sudah cukup komprehensif mengatur berbagai aktivitas dalam kawasan FTZ di Kepulauan Riau. Tetapi ia berharap, aturan pelaksananya, berupa Perpres atau Peraturan Menteri dapat dibuat lebih detil lagi.

"Intinya harus ada kepastian hukum. Jika ini dijalankan dengan baik setelah terbitnya PP, saya yakin Kepri akan berdaya saing tinggi di kawasan regional sebagai daerah tujuan investasi," tambah Rafki. 

Halaman
12
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved