Breaking News:

BATAM TERKINI

Harus Cepat Deteksi Dini, Pemko Siap Ikuti Arahan Presiden Kendalikan Karhutla di Batam

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan siap melaksanakan arahan presiden dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021.

tribunbatam.id/istimewa
Upaya pemadaman api pascaterbakarnya hutan di sekitar Bandara Hang Nadim Batam, Senin (22/2/2021) siang oleh petugas. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan siap melaksanakan arahan presiden dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021.

Sebelumnya, Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla dilaksanakan pada Senin (22/2/2021), secara daring dengan diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

"Ada beberapa hal yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat itu, kami siap melaksanakannya untuk Kota Batam," ujar Jefridin.

Adapun beberapa arahan presiden dalam rapat tersebut, yakni; pertama, memprioritaskan upaya pencegahan dan bergerak cepat dalam hal deteksi dini.

Upaya ini harus diikuti oleh manajemen lapangan yang terkonsolidasi dan terorganisasi dengan baik.

Kedua, presiden juga memerintahkan monitoring infrastruktur dan pengawasan hingga ke tingkat bawah.

Dalam hal ini, selain memanfaatkan teknologi, Babinsa, Babinkamtibnas dan kepala desa juga turut dilibatkan.

Baca juga: Ketua Kadin Batam Sebut PP 41/2021 Harapan Positif bagi Investasi

Tak luput jadi perhatian, sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat dan perusahaan juga sangat dibutuhkan, terkait risiko dan konsekuensi pembukaan lahan di kawasan perhutanan dengan dampak kerugian ekonomi dan kesehatan.

Ketiga, pemerintah daerah perlu mencari solusi yang permanen untuk mencegah dan menangani Karhutla yang terus terjadi dari tahun ke tahun.

Keempat, penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan.

Serta terakhir, presiden memerintahkan langkah penegakan hukum bagi kasus kebakaran hutan akibat ulah manusia, diusut tanpa kompromi. 

"Tentunya koordinasi akan terus kami bangun, seperti pada rapat, bersama saya, Kapolres dan Dandim juga hadir dan mengikuti arahan itu," jelas Jefridin.

Pihaknya akan terlebih dulu melaporkan hasil rapat tersebut kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Selanjutnya akan diupayakan penguatan koordinasi bersama Forkopimda Batam terkait apa saja yang akan dilakukan dalam hal pengendalian Karhutla di Batam(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved