Breaking News:

LINGGA TERKINI

Bupati Lingga Ngopi Bareng, Muhammad Nizar Ajak Warga Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

Pemkab Lingga menggelar ngopi santai atau ngopi bersama jajaran instansi terkait, relawan, serta unsur masyarakat Kabupaten Lingga

ist
Muhammad Nizar dan Neko Wesha Pawelloy ajak seluruh elemen antisipasi Karhutla dengan gelar ngopi bersama di Kedai Kopi Merdeka, Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Minggu (7/3/21). 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menggelar ngopi santai atau ngopi bersama jajaran instansi terkait, relawan, serta unsur masyarakat Kabupaten Lingga. 

Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) bersama jajaran instansi terkait ini dalam rangka meningkatkan sinergitas dalam upaya untuk meningkatkan kedisiplinannya mrnghadapak bencana alam, terkhususnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Lingga.

Adapun obrolan dan ngopi bersama tersebut berlangsung di Kedai Kopi Merdeka, Jalan Dewa Ruci, Dabo Singkep, pada Minggu (7/3/21).

Mengingat kondisi kering yang belakangan ini dialami Kabupaten Lingga, obrolan santai tersebut mengarah serius terkait penanggulangan Karhutla.

Dalam hal ini Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy mengajak semua pihak berperan untuk bersinergi dan menjadikan pertemuan itu sebagai sarana untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menyikapi potensi Karhutla.

Baca juga: Jaringan Telekomunikasi di Desa Panggak Darat Lingga Kini Sudah 4G

Mengingat ada beberapa titik wilayah Lingga yang rawan terjadi Karhutla, sehingga potensi dapat merugikan banyak pihak, mulai dari dampak lingkungan, hingga dampak kesehatan.

Maka dari itu, Nizar berharap perlu dilakukan langkah-langkah tepat, agar kebakaran hutan dan lahan bisa dicegah dan diatasi serta diminimalisir dampaknya.

"Yang harus diantisipasi dan dihadapi adalah bencana alam. Bagaimana kesiapsiagaan kita dalam mengatasinya, tatkala misalnya terjadi kebakaran. Kita berharap dan mengimbau ke BPBD agar senantiasa standby demi mengatasi hal ini," kata Muhammad Nizar.

Tak hanya itu, Muhammad Nizar juga meminta agar semua instansi maupun Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan elemen masyarakat harus bahu membahu mewujudkan Kabupaten Lingga menjadi daerah yang bebas dari kebakaran.

Sehingga, dengan antisipasi semua pihak tersebut, Lingga terhindar dari bencana alam yang tidak diinginkan oleh semua orang.

Muhammad Nizar berharap, agar kedepannya, kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana ini tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga seluruh masyarakat yang berperan.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dabo Sahat Mauli Pasaribu siap ikut serta update menyampaikan informasi lebih awal terhadap cuaca yang terjadi di Kabupaten Lingga.

Peran BMKG yang merupakan hal yang penting itu dapat menjadikan kesiapsiagaan bersama berhubungan dengan kondisi cuaca yang harus diantisipasi terhadap terjadinya bencana alam.

Melalui Sekda Lingga, BNPB atau BPBD akan siap terjun kelapangan demi menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan guna mengatasi masalah kebakaran yang terjadi di Kabupaten Lingga ini.

Diakhir kegiatan obrolan santai itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando dari Kapolres, Danlanal dan Kajari kepada Bupati Lingga, sebagai tanda persahabatan. (TribunBatam.id/Febriyuanda)

Penulis: Febriyuanda
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved