Breaking News:

KESEHATAN

Apakah Benar 10.000 Langkah Setiap Hari Cukup untuk Membuat Tubuh Sehat?

Berjalan kaki 10.000 langkah kini menjadi aktivitas populer semenjak adanya pandemi. Hal ini dikarenakan, banyaknya masyarakat dunia yang tiba-tiba ..

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Shutterstock
Ilustrasi jalan kaki 

TRIBUNBATAM.id - Berjalan kaki 10.000 langkah kini menjadi aktivitas populer semenjak adanya pandemi.

Hal ini dikarenakan, banyaknya masyarakat dunia yang tiba-tiba merubah pola hidupnya untuk menjadi lebih sehat. 

Berjalan 10.000 langkah ini dianggap sebagai bentuk olahraga yang praktis dibandingkan harus lari, nge-gym, renang, atau jenis olahraga lainnya.  

Pasalnya, 10.000 langkah ini bisa dilakakukan dengan hal-hal kecil seperti memilih berjalan ke tempat kerja, parkir lebih jauh, atau menaiki tangga. 

Namun, apakah benar melakukan 10.000 langkah setiap hari cukup untuk menjaga kesehatan tubuh?

Nyatanya, 10.000 langkah sehari bukanlah satu-satunya ukuran membuat tubuh sehat. 

"Setiap orang berbeda dan memiliki gaya hidup, tingkat aktivitas, dan tujuan yang unik. Masuk akal jika tidak semua orang membutuhkan olahraga yang sama setiap hari agar sehat," 

"Ini tergantung pada tujuan individu dan masalah kesehatan masing-masing orang," kata Profesor Paul Gordon, seorang ahli fisiologi olahraga dan ketua Departemen Kesehatan, Kinerja dan Rekreasi Manusia Universitas Baylor.

"Rata-rata orang akan mengambil antara 3.000 dan 6.000 langkah sepanjang hari dari perjalanan pulang pergi, berbelanja, dan lainnya. Dengan menambahkan 30 menit latihan (kira-kira 3.000 langkah) maka akan menjadi sekitar 10.000 langkah," katanya.

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, kita memerlukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang (seperti jalan cepat atau berenang) atau 75 menit aktivitas berat (seperti lari atau kelas menari) setiap minggu. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved