Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Tingkatkan Kehandalan Listrik, PLN Anambas Pasang Pin Cover di 45 Titik Rawan

Manager PLN ULP Anambas, Hendrico bilang setelah pemasangan pin cover itu, intensitas listrik padam semakin berkurang

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
PLN ULP Tarempa pasang pin cover untuk mengantisipasi serangan hewan liar. Tingkatkan Kehandalan Listrik, PLN Anambas Pasang Pin Cover di 45 Titik 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Sepanjang jaringan tiang listrik yang ada di Kecamatan Siantan Anambas sangat rawan diserang hewan liar seperti monyet, kelelawar dan tupai. Tak jarang kondisi seperti ini membuat lampu padam seketika.

Terkait hal ini, Manager PLN ULP Anambas, Hendrico menyiagakan timnya selama 24 jam untuk cepat tanggap apabila terjadi listrik padam akibat serangan hewan.

"Alhamdulillah sekarang bisa masyarakat lihat, listrik sudah jarang padam. Ini sudah kami antisipasi dengan pemasangan pin cover di tiang listrik yang dipasang di lokasi rawan," ujar Manager PLN ULP Anambas, Hendrico, pada Jumat (19/3/2021).

Pin cover itu sudah dipasang di 45 titik rawan dan di lokasi yang hutannya rimbun.

"Setelah kita pasang pin cover ini intensitas listrik padam semakin berkurang. Paling kalau padam itu karena ada pemeliharaan dan bulan kemarin itu kita cuma 2 kali blackout mesin," kata Hendrico.

Baca juga: Bangga, Anambas Masuk Nominasi Paritrana Award 2020 se-Indonesia, Ini Kata Abdul Haris

Baca juga: PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik, Ini Cara Mendapatkannya untuk Daerah Anambas

Sementara itu, Asisten Engineer Operasi Distribusi, Sauki menyebutkan pemasangan pin cover ini salah satu upaya untuk meningkatkan kehandalan jaringan.

Dengan dipasangnya pin cover ini apabila ada monyet atau kelelawar yang memegang kabel jaringan, tidak akan langsung padam.

"Kita juga pasang alkaduri, dia ini nanti ada pipa terus dipasangi paku-paku jadi hewan dan serangga tidak bisa lewat.

Kemudian gangguan yang disebabkan karena pohon tumbang, kita juga lakukan pemeliharaan dengan melakukan penebangan," jelas Sauki.

Setiap hari ia bersama tim akan melakukan pengecekan di lokasi-lokasi yang rawan terjadinya pohon tumbang. Terkadang ada pohon yang bisa langsung ditebang dan ada juga yang tidak.

"Kalau mau nebang pohon itu kita langsung informasi ke masyarakat sehari sebelum adanya pemadaman listrik. Itulah yang namanya pemeliharaan jaringan," sebutnya.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

* Berita tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved