Breaking News:

LINGGA TERKINI

Ketua Dekranasda Lingga Maratusholiha Nizar Ingin Hidupkan Pengrajin UKM Batik

Ketua Dekranasda Lingga, Maratusholiha Nizar mengajak Lingga kembali menghidupkan pengrajin UKM batik serta UKM lainnya saat rapat OPD

tribunbatam.id/istimewa
Ketua Dekranasda Lingga, Maratusholiha Nizar menggelar rapat bersama OPD terkait di Gedung Daerah Junjung Budaya, Daik, Senin (22/3/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lingga menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Gedung Daerah Junjung Budaya, Kelurahan Daik, Senin (22/3/2021).

Pertemuan tersebut dalam rangka menindaklanjuti pesan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, dalam agenda kunjungan kerja beberapa hari lalu, Minggu (21/3/2021).

Dalam rapat bersama OPD terkait itu, Ketua Dekranasda Lingga, Maratusholiha Nizar mengajak Lingga kembali menghidupkan pengrajin UKM (Usaha Kecil Menengah) batik serta UKM lainnya.

Hal tersebut dilakukan, agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakat di masing-masing desa yang ada di Kabupaten Lingga.

Maratusholiha menjelaskan, kegiatan itu dilakukan guna membahas cara meningkatkan daya saing kerajinan berbasis kearifan lokal, dengan selera global melalui pengembangan inovasi, desain, kreatifitas dan efisiensi.

Baca juga: Datang ke Lingga, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Ikut Panen Padi di Dua Tempat

Baca juga: Wakil Bupati Lingga Neko Dengarkan Keluhan Para Pedagang di Pasar Tradisional Dabo

Istri Bupati Lingga ini menambahkan, Pemda Lingga melalui OPD terkait harus mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan.

Selain itu juga membangun ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi kerajinan Indonesia, serta mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan masuk kedalam rantai pasok global.

Terkait ide yang disampaikan Maratusholiha, seluruh Kepala OPD terkait mendukung penuh dan siap bersinergi dalam upaya memotivasi desa agar menggali potensi yang ada di masing-masing daerahnya.

"Kita memiliki pokok-pokok program Dekranas masa bakti 2019-2024, seperti pengembangan dan perluasan kerja sama atau pangsa pasar melalui promosi pameran di dalam dan luar negeri, baik secara online maupun offline," jelas Maratusholiha saat itu.

Ketua TP PKK ini menambahkan, ia akan memfasilitasi pengrajin untuk perlindungan kekayaan intelektual, seperti halnya merek, desain industri, hak cipta, dan indikasi geografis.

Selain itu, Pemda Lingga akan mempersiapkan teknik promosi, baik itu promosi melalui media sosial serta hal-hal strategis yang lebih mudah dijumpai oleh banyak peminat.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Lingga

Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved