Breaking News:

BATAM TERKINI

Bisa Jadi Syarat Bepergian, Apakah Tes GeNose C19 Berlaku di Batam? Ini Penjelasannya

Alat deteksi Covid-19, GeNose C19 akan mulai diterapkan sebagai alternatif syarat perjalanan mulai 1 April 2021. Juga berlaku di Batam?

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Petugas memasukkan kantong berisi CO2 milik calon penumpang kereta api untuk dites COVID-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). PT Kereta Api Indonesia akan menggunakan GeNose C19 untuk tes COVID-19 bagi para calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh mulai Jumat (5/2/2021). Hasil tes tersebut kemudian menjadi dokumen syarat perjalanan para penumpang KA. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Alat deteksi Covid-19, GeNose C19, akan mulai diterapkan sebagai alternatif syarat perjalanan darat, laut maupun udara, mulai 1 April 2021 mendatang.

Satgas Penanganan Covid-19 pun mendorong ketersediaan alat tes GeNose tersebut di pintu-pintu masuk keberangkatan, seperti stasiun, pelabuhan dan bandara.

Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Achmad Farchanny.

Sesuai SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021, alat tes GeNose akan mulai digunakan sebagai syarat kelengkapan perjalanan.

"Betul, GeNose mulai dipakai. Pemakaian di pelabuhan dan bandara diserahkan pada kesiapan masing-masing daerah," ujar Farchanny ketika dihubungi, Senin (29/3/2021).

Lantas, apakah akan berlaku di Batam juga?

Farchanny mengatakan, untuk di Batam sendiri, penggunaan alat tes GeNose di pintu-pintu keberangkatan dan kedatangan, masih menunggu kesiapan pihak Bandara Internasional Hang Nadim dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Meski alat tes GeNose sudah mulai diterapkan, namun surat keterangan hasil RT-PCR atau rapid test antigen masih dapat digunakan sebagai syarat perjalanan. Kedua jenis surat keterangan ini berlaku maksimum 3 x 24 jam.

Baca juga: KABAR GEMBIRA! Hasil Tes GeNose C19 Bisa Jadi Syarat Lakukan Perjalanan

Sementara itu, hasil tes GeNose dapat langsung diketahui pada saat pemeriksaan, dan penerapannya langsung di bandara/pelabuhan yang telah terfasilitasi.

"Pemeriksaan GeNose langsung di bandara/pelabuhan. Apabila negatif akan dibuatkan surat keterangan dari Klinik/Lab yang memeriksa. Bila hasilnya positif harus dilanjutkan dengan pemeriksaan RT-PCR atau rapid test antigen," jelas Farchanny. 

Halaman
12
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved