Breaking News:

Dicopot Anies, Ini sosok Pejabat DKI Jakarta yang Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap ASN Wanita

Anies Baswedan mencopot alias menonaktifkan Kepala Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi DKI Jakarta Blessmiyanda atas dugaan asusila.

TribunSumsel.com
Ilustrasi pelecehan: 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mencopot alias menonaktifkan Kepala Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Provinsi DKI Jakarta Blessmiyanda atas dugaan tindakan asusila, terhadap ASN wanita, di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu, Blessmiyanda masih diperiksa Inspektorat DKI. 

"Penonaktifan jabatan tersebut dilakukan pada hari Jumat (19/3/2021), selang sehari menyusul diterimanya dua pengaduan, yaitu dugaan pelecehan seksual dan dugaan perselingkuhan oleh Kepala BPBJ. Penonaktifan Kepala BPBJ ini kami lakukan untuk memastikan proses pemeriksaan dan penyelidikan dapat dijalankan Inspektorat Pemprov DKI Jakarta secara cepat, menyeluruh dan adil bagi semua pihak yang terlibat," ujar Anies dalam siaran pers dalam PPID DKI, Senin (29/3).

Ayah Jadi Predator Seksual 2 Anak Kandung, Bocah Korban Rudapaksa Curhat di Buku Harian

"Asas praduga tak bersalah tentu tetap dijalankan, tapi posisi kita jelas, apabila dalam pemeriksaan ditemukan bahwa benar terjadi pelanggaran, maka kepada terlapor dan kepada semua yang menutup-nutupi fakta selama proses pemeriksaan, akan diberikan sanksi tegas sesuai peraturan yang berlaku," tambah Anies Baswedan.

Sigit Wijatmoko Jadi Plt Kepala BPBJ Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (dok.tribunnews.com)

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies menunjuk Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Sigit Wijatmoko menjadi Pelaksana Tugas atau Plt Kepala BPBJ Provinsi DKI Jakarta.

Anies Baswedan menyampaikan, katanya, Pemprov DKI menempatkan perlindungan terhadap pelapor sebagai prioritas utama.

Untuk pendampingan psikologis dan hukum diberikan kepada pelapor di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

Apa Itu Kebiri Kimia, Hukuman yang Akan Diberikan Kepada Pelaku Kejahatan Seksual Terhadap Anak

"Bagi jajaran di lingkungan Pemprov DKI yang mengalami pelecehan, jangan ragu untuk melaporkan. Badan Kepegawaian Daerah telah diinstruksikan membentuk unit pelaporan khusus untuk menangani kasus pelecehan," ujar Anies Baswedan.

Temuan LPSK

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang terletak di Jl. Raya Bogor No.KM. 24 No. 47-49, RT.6/RW.1, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang terletak di Jl. Raya Bogor No.KM. 24 No. 47-49, RT.6/RW.1, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (kompas.com)
Halaman
1234
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved