Breaking News:

INFO PENERBANGAN

CATAT! Meski Murah, tak Semua Calon Penumpang Pesawat Bisa Pakai Tes GeNose C19, Ini Sebabnya

Para calon penumpang pesawat akan diringankan dengan pemberlakuan tes covid-19 pakai GeNose C19. Tapi ternyata tak semua bisa pakai tes ini. Kenapa?

Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Alamudin
Penggunaan hasil tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan melalui bandara mulai berlaku termasuk di Bandara Hang Nadim Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - GM Bubu Hang Nadim Batam, Benny Syahroni mengaku menyambut baik kebijakan tes GeNose C19 yang akan dijadikan syarat perjalanan menggantikan rapidtest antigen.

"Kami di Bubu Hang Nadim Batam menyiapkan sesuai ketentuan aturan yang ada. Karena sudah ada SE Nomor 12 dari Satgas, sudah ada juga dari Kementerian Perhubungan SE Nomor 26," ujar Benny di sesi Tribun Batam News Webilog, Senin (5/4/2021) sore. 

Meski lebih murah dan lebih simpel, ternyata untuk mengaplikasikan tes covid-19 menggunakan GeNose C19 tak sesimpel saat rapidtest antigen.

Pasalnya, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

Bahkan, selama 1 minggu ini, Bandara Hang Nadim Batam sudah mempersiapkan suatu ruangan untuk pengambilan sample GeNose tes.

Pertimbangan Bandara Hang Nadim memilih tes GeNose C19, karena adanya kedua Surat Edaran tersebut.

GeNose ini sebagai alternatif, bukan sebagai antigen.

"Kepada masyarakat GeNose ini adalah pilihan selain antigen dan PCR. Kecendrungan masyarakat memang memilih yang termurah, tetapi dengan kondisi yang ada, mungkin tak semua masyarakat dilayani dengan GeNose C19. Lantaran keterbatasan tempat yang ada," paparnya.

Hingga saat ini, rapid antigen masih berlaku sebagai syarat perjalanan melalui udara dari Bandara Hang Nadim Batam.

Pihaknya juga masih menunggu informasi terbaru, bandara mana saja yang boleh menerapkan GeNose ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved