Breaking News:

BATAM TERKINI

Musrenbang Tingkat Kota Dimulai, Ini Deretan Rencana Pembangunan di Batam

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Batam resmi dimulai di Harmoni One, Selasa (6/4/2021).

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TribunBatam.id/Istimewa
Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina pada Pembukaan Musrenbang Kota Batam 2021 di Ballroom Hotel Harmoni One, Kota Batam, Selasa, (6/4/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) Kota Batam resmi dimulai di Harmoni One, Selasa (6/4/2021).

Dalam Musrenbang yang digelar dua hari ini, dihadiri perwakilan masyarakat dari 12 kecamatan di Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, Musrenbang tingkat kota ini perlu dilakukan secara lebih terpadu, terkoordinasi, sinergi, komprehensif dan partisipatif sehingga menghasilkan kesepakatan.

Yakni kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Batam tahun 2022 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renca PD) Kota Batam tahun 2022.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjamin pelaksanaan pembangunan daerah yang lebih berkesinambungan dan menjamin tercapainya sasaran dan prioritas pembangunan.

" Musrenbang tingkat Kota Batam 2021 ini merupakan Musrenbang pertama di periode kedua bersama Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad," ujarnya.

Dia menyebut, pada periode pertama kepemimpinan mereka, sudah dapat dirasakan bersama hasilnya terutama di bidang infrastruktur dan pelayanan publik serta bidang pendidikan dan kesehatan.

Antara lain; pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, pelebaran jalan menjadi lima lajur di beberapa ruas jalan utama, peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan sarana dan prasarana kelurahan melalui program Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK).

Baca juga: Walikota Batam Beri Peringatan Keras, Rudi : Tak Boleh Pungut Biaya Apapun! Vaksin Covid-19 Gratis

Juga pemasangan lampu LED pada Jembatan Barelang, peningkatan pengelolaan persampahan, peningkatan fasilitas kesehatan dasar (pembangunan puskesmas, sertifikasi puskesmas dan RSUD, rawat inap puskesmas, peningkatan dan penataan pusat kota Batam beserta akses-akses pendukungnya.

"Untuk periode kedua ini, kami telah menyusun rencana demi misi Kota Batam tahun 2021-2024 yaitu terwujudnya Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera," ujarnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan ini, pihaknya masih dihadapkan dengan keterbatasan dana , baik yang bersumber dari APBD Kota Batam maupun BP Batam.

Untuk itu, melalui forum Musrenbang tersebut, Rudi mengimbau semua pihak untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Semua perangkat daerah diwajibkan melakukan  koordinasi,  integrasi, sinkronisasi dan konsolidasi dengan lintas perangkat daerah di provinsi kepri dan dengan kementerian/ lembaga terkait di pusat.

"Kemudian semua perangkat daerah penghasil agar melakukan optimalisasi penerimaan daerah melalui peningkatan penggalian sumber-sumber pendapatan daerah, peningkatan kerja sama dengan BP Batam dan pihak lainnya. Selain itu, perlu melakukan kerja sama dan mendorong partisipasi dunia usaha dan masyarakat untuk memajukan Kota Batam antara lain dengan dana CSR," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved