Breaking News:

NATUNA TERKINI

Pemkab Natuna Dorong Pembentukan BUMDes, Tingkatkan Ekonomi Desa

Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Natuna, sudah ada 54 dari total 70 desa yang ada di Natuna serta memiliki BUMDes.

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Pemkab Natuna Dorong Pembentukan BUMDes, Tingkatkan Ekonomi Desa. Foto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Anrizal Zen. Foto diambil di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (5/4/2021). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Natuna serius dalam mewujudkan Perekonomian Berbasis Sumber Daya Alam Potensi Daerah.

Hal itu terlihat dari kinerja Pemkab Natuna melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Natuna yang menghadirkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di 54 desa dari 70 Desa di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala DPMD, Anrizal Zen.

Ia mengatakan bahwa, dalam tugasnya selaku Kepala DPMD ia memiliki 3 poin sebagai target, salah satunya adalah BUMDes guna meningkatkan Indeks Desa Membangun.

Anrizal menceritakan saat ia diangkat dan menjabat sebagai Kepala DPMD pada tahun 2018, kondisi Natuna yang memiki 70 desa hanya memiliki 21 BUMDes.

ilustrasi BUMDes
ilustrasi BUMDes (berdesa.com)

"Dengan langkah dan usaha yang serius, Alhamdulillah sekarang sudah ada 54 BUMDes.

Untuk tahun ini saya targetkan semua desa sudah memiliki BUMDes," kata Anrizal kepada TribunBatam.id, di Ruang Kerja Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (5/4/2021).

BUMDes menurutnya menjadi salah satu prioritas Pemkab Natuna guna mencapai grade IDM yang bagus.

Kondisi ini sejalan dengan peningkatkan usaha dan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

Hadirnya BUMDes adalah sebagai salah satu syarat bagi desa agar menjadi desa berkembang.

Halaman
12
Penulis: Muhammad ilham
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved