Breaking News:

BATAM TERKINI

BP Batam Siapkan Rp 65 Miliar untuk Bangun Jalan di Kabil

BP Batam mengalokasikan Rp 65 miliar untuk pembangunan jalan di Kabil Batam.

Tribun Batam/argianto
BP Batam mengalokasikan Rp 65 miliar untuk pembangunan jalan di Kabil Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Para pelaku industri Kabil meminta pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur di sekitar kawasan tersebut, terkhusus akses jalan dan penerangan.

Berbagai keluhan seputar akses jalan yang terbatas, serta minimnya lampu jalan telah disampaikan di meja rapat dengar pendapat (RDP) DPRD Kota Batam.

Menjawab keluhan tersebut, perwakilan Badan Pengusahaan (BP) Batam, menyatakan Bidang Infrastruktur Kawasan telah berfokus membangun infrastruktur jalan di kawasan industri Kabil pada tahun 2021.

Anggaran BP Batam sebesar Rp 65 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan jalan di sekitar kawasan tersebut.

Alokasi anggaran tersebut di antaranya untuk membangun akses Jalan Hang Kesturi, Kabil sepanjang 3,5 kilometer.

Selain itu ada pula pembangunan Jalan Raya Pelabuhan CPO Kabil, yang saat ini sedang dalam proses tender dan pada diprediksikan pada bulan lima pengerjaannya akan mulai berjalan.

Baca juga: Pemberlakuan Safe Travel Corridor di Kepri Ditunda

"Jalan-jalan baru ini akan kami finishing dengan beton dan aspal. Akhir tahun ini insyaallah akan selesai dan beroperasi semua," ujar Staf Bidang Infrastruktur Kawasan, Herdiansyah, yang menjadi perwakilan BP Batam dalam rapat tersebut.

Adapun ukuran right of way (ROW) jalan di kawasan Kabil yang akan dikerjakan yaitu ROW 100, ROW 50 dan ROW 30. Selain di Kabil, BP Batam juga tengah melakukan pengerjaan pelebaran jalan di wilayah Batu Ampar dan Bundaran Madani menuju Ocarina, Batam Center.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, selain kawasan industri Kabil, saat ini BP Batam tengah memprioritaskan pembangunan infrastruktur di tiga titik, yakni pelabuhan, bandara dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Kesehatan, Sekupang.

"Pembangunan ini tidak lain adalah untuk menarik kembali investasi. Apabila investasi masuk, maka pemasukan BP Batam akan bertambah, dan ini akan kami kembalikan kepada masyarakat dalam bentuk proyek fisik lainnya," jelas Rudi. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved