Breaking News:

Pelaksanaan Semenisasi di Sei Lekop Sagulung Sempat Dipertanyakan Warga, Lurah Beri Klarifikasi

Tanggapan Lanaja, Lurah Sei Lekop, soal Pelaksanaan Semenisasi di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung Kota Batam, Provinsi Kepri.

tribunbatam.id/istimewa
Foto pelaksanaan semenisasi di pemukiman yang ada di Kota Batam. Proyek Semenisasi di Sagulung Batam Diduga Asal Jadi, Pokmas Ngaku Tak Tahu Spesifikasi 

Laporan Tribun Batam Ian Sitanggang

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pelaksanaan Semenisasi di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung Kota Batam, Provinsi Kepri, diklaim sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dijelaskan Lurah Sei Lekop, Lanaja, sebelum melaksanakan kegiatan Semenisasi melalui program Peningkatan Infrastruktur Kelurahan (PIK), pihak kelurahan melakukan rapat dengan seluruh RT/RW, yang mendapatkan program PIK.

"Dalam rapat tersebut kita sampaikan, agar RT dilingkungan masing-masing membentuk kelompok Proyek Kerja Masyarakat (Pokmas). Yang akan melaksanakan pengerjaan di lingkungan masing-masing," kata Lanaja Rabu (7/4/2021).

Lanaja, menjelaskan dalam rapat kelurahan bersama peranngkat RT/RW dilakukan juga pembentukan Faskel, TPM dan Konsultan."Kita juga melibatkan LPM dan juga karangtaruna dalam melakukan pengawasan di lapangan," lanjut Lanaja.

Soal Keluhan Air Warga Sei Lekop, Ini Respons Wakil Bupati Bintan & Kabid Dinas PUPR

Sementara untuk pelaksanaan pembanganunan semenisasi. Seluruh Pokmas khususnya di Kelurahan Sei Lekop, mendapatkan RAB pembangunan.

"Tetapi untuk pengerjaan proyek pemerintah melalui program PIK ini, pencairan dananya dilaksanakan setelah 100 persen pekerjaan. Jadi harus ada yang menjamin pegadaan bahan yang akan dipergunakan dalam melaksanakan semenisasi,"kata Lanaja.

Dalam hal ini kata Lanaja, Lurah sendiri yang menjamin untuk pegadaan bahan."Inipun sesuai dengan kesepakatan bersama,"kata Lanaja.

Untuk program PIK sendiri pembayaran biaya yang timbul dilaksanakan setelah 100 persen proyek selesai dikerjakan.

"Jadi bukan seperti dulu, kalau dulu bisa dilakukan pencairan secara bertahap. Kalau sekarang tidak bisa, oleh sebab itu harus ada toko bangunan yang bisa memsuprot pengadaan bahan,"kata Lanaja.

Proyek Semenisasi di Sagulung Batam Diduga Asal Jadi, Pokmas Ngaku Tak Tahu Spesifikasi

Halaman
123
Penulis: Pertanian Sitanggang
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved