Breaking News:

Bantu Papua Nugini Hadapi Pandemi Covid-19, Australia Kirim Tim Medis Kloter Kedua

Australia diketahui terus mengirim pasokan darurat, termasuk alat perlindungan diri, kit pengujian cepat, dan lebih dari 8.000 dosis vaksin ke ...

pixabay.com
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNBATAM.id - Tim medis kloter kedua Australia dikirim ke Papua Nugini, Jumat, (9/4/2021), untuk membantu negara tersebut menghadapi pandemi Covid-19 yang mengancam meluluhlantakkan sistem kesehatannya. 

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mengatakan, sebanyak 17 spesialis berangkat ke Port Moresby untuk membantu Papua Nugini (PNG) menahan penyebaran virus. 

"Saat kami bekerja menghadapi masalah vaksin global, kami akan melanjutkan bekerja dengan PNG untuk meluncurkan vaksin sebagai tanggapan atas prioritas Pemerintah PNG," kata Payne. 

Tim yang baru berangkat ini akan bergabung dengan grup ahli lainnya yang telah berada di lokasi sebelumnya. 

Australia diketahui terus mengirim pasokan darurat, termasuk alat perlindungan diri, kit pengujian cepat, dan lebih dari 8.000 dosis vaksin ke negara tersebut. 

Papua Nugini, negara miskin berpenduduk lebih dari delapan juta di lepas pantai timur laut Australia, melaporkan sekitar 1.000 kasus Covid-19 pada tahun pertama pandemi

Namun laporan teranyar menunjukkan bulan lalu saja ada lonjakan 5.000 kasus baru. 

Pada Rabu, (7/4/2021), jumlah tersebut meningkat menuju 8.000 di tengah kekhawatiran pengujian yang kurang dan menyembunyikan skala wabah yang sesungguhnya. 

Rumah sakit terpaksa menolak pasien baru karena kekurangan tenaga medis, yang juga terkonfirmasi positif dalam jumlah yang banyak. 

Menteri Kesehatan PNG juga menyebut banyak kesalahan informasi di media sosial yang berpeluang mengancam upaya vaksinasi di negara tersebut. 

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menegaskan, kembali komitmen untuk mengamankan vaksin AstraZeneca untuk negara-negara Pasifik, yang berarti bakal ada 10 ribu dosis lagi untuk Papua Nugini

"Saya telah mengalihkan sejumlah vaksin itu untuk membantu upaya di Papua Nugini dan Timor Leste," kata Morrison kepada media di Canberra. (*) 

Simak berita terbaru lainnya di Google News

Berita Tentang Australia

Baca juga: Arti Mimpi Punya Rambut Pendek, Menurut Primbon Jawa Sering Dikaitkan dengan Pertanda Buruk

Baca juga: Belum Setahun Dibangun sudah Rusak, BP Bintan Minta CV Anak Tamiang Perbaiki Gorong-gorong

Baca juga: Arti Ekor Mata Kanan Kedutan Menurut Primbon Jawa, Beruntunglah! Ada Pertanda Baik Terkait Rezeki

Baca juga: Pemkab Anambas Targetkan Pengerjaan Jembatan SP II Tarempa Selesai Akhir 2021

Baca juga: Link Nonton One Piece Episode 969, Kisah Gol D Roger di Pulau Terakhir, Oden ke Wanokuni

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved