Breaking News:

SEPAKBOLA KEPRI

SSB Bida Taruna Batam Finish di Peringkat 5 Klasemen Liga FOSSBAT U-13, Ini PR Pelatih

Pelatih SSB Bida Taruna Batam, Surip mengatakan, masih banyak PR yang mesti dibenahi anak didiknya. Antara lain teknik dasar dan mental bertanding

tribunbatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Penampilan SSB Bida Taruna Batam saat berlaga di Liga FOSSBAT U-13 dua hari lalu, di Stadion Gelora Citramas Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id – Sempat terpuruk di dasar klasemen sementara, Sekolah Sepak Bola (SSB) Bida Taruna Batam perlahan bangkit dan berhasil finish di peringkat 5 klasemen akhir Liga Forum Sekolah Sepak Bola Batam (FOSSBAT) U-13.

Walau belum menjadi juara, pelatih SSB Bida Taruna Batam, Surip mengatakan, perjuangan para anak asuhnya patut diacungi jempol.

Sebab, tak mudah untuk bangkit dari tekanan dan ketatnya persaingan di klasemen saat itu.

“Butuh kemauan keras dan mental yang kuat. Alhamdulillah anak-anak sudah membuktikan untuk mampu bangkit walau hasil belum maksimal,” kata Surip kepada Tribun Batam, Selasa (13/4/2021).

Ia mengakui, selain tempat menimba ilmu, kompetisi menjadi ajang pemanasan paling pas sebelum kompetisi resmi dari Asosiasi Kota (Askot) PSSI Batam bergulir.

Baca juga: Tak Terkalahkan, SSB Citramas Batam Jadi Juara Liga FOSSBAT U-13

Baca juga: Tak Hanya Usia Dini, PSSI Batam Bidik Penyelenggaraan Kompetisi Bola di Level Senior

“Dilihat dari setiap laga, memang ada masih banyak PR yang mesti dibenahi,” ujar Surip lagi.

Pekerjaan rumah (PR) itu antara lain teknik dasar dan mental bertanding para pemain. Surip menuturkan, teknik dasar pemain menjadi hal paling utama untuk dibenahi.

Sebab, pemahaman terhadap teknik dasar ini sangat dibutuhkan oleh para pemain sepak bola usia dini.

“Usia remaja baru bisa diberikan sedikit strategi dan taktik. Kalau usia dini, titik beratnya memang ke teknik dasar dan pembentukan mental pemain,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Surip berencana untuk mengubah pola latihan para anak asuhnya. Seperti memaksimalkan latihan teknik olah bola dan fisik, sembari memberi pemahaman mengenai filosofi sepak bola modern di Indonesia, Filanesia atau Filosofi Sepak Bola Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved