Breaking News:

BERITA CHINA

Beijing Getol Intimidasi Taiwan dari Laut dan Udara, Sosok Ini Sebut Sebenarnya China Bidik AS

Kukuh mengklaim Taiwan adalah bagian dari negaranya, China terus merangsek negara kepulauan itu dan terus "mengusir" inervensi Negeri Paman Sam

Xinhua
Beijing Getol Intimidasi Taiwan dari Laut dan Udara, Sosok Ini Sebut Sebenarnya China Bidik AS 

TRIBUNBATAM.id - Kukuh mengklaim Taiwan adalah bagian dari negaranya, China terus merangsek negara kepulauan itu dan terus "mengusir" inervensi Negeri Paman Sam.

Amerika Serikat (AS0 diketahui menjadi yang terdepan menolak klaim China yang melakukan serangkaian provokasi militar di udara dan laut Taiwan.

Seakan tak mau kalah dengan dukungan militer AS ke Taiwan, Beijing malah menggelar latihan perang dekat kawasan sengketa.

Namun, latihan kapal induk China dan meningkatnya serangan ke zona pertahanan udara Taiwan dalam beberapa pekan, ternyata bermaksud memberikan pesan ke Washington untuk mundur.

Hal itu dikatakan sumber keamanan Taipei seperti dikutip Reuters, Jumat (16/4).

Peningkatan aktivitas militer China di dekat Taiwan ini menimbulkan kekhawatiran di Taipei maupun Washington.

Kendati pejabat kedua negara memahami bahwa latihan itu bukan tanda bahwa China akan segera menyerang.

Baca juga: China Tak Main-main Bikin Taiwan Merinding! Xi Jinping Kerahkan 25 Jet Tempur dan Pesawat Pengebom

Baca juga: China Peringatkan AS Berhenti Bermain Api, Tuding Negeri Paman Sam Berkolusi dengan Taiwan

Namun seorang pejabat yang mengetahui perencanaan keamanan Taiwan mengatakan, dari beberapa latihan perang, militer China mempraktikkan manuver penolakan akses untuk mencegah masuknya pasukan asing ke pertahanan Taipei saat perang terjadi.

Dalam foto ini diambil 10 Februari 2020, dan dirilis oleh Republik Pertahanan Tiongkok (ROC) Kementerian Pertahanan Nasional, Angkatan Udara Taiwan F-16 di latar depan terbang di atas sayap Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) H -6 pembom saat lewat dekat Taiwan
Dalam foto ini diambil 10 Februari 2020, dan dirilis oleh Republik Pertahanan Tiongkok (ROC) Kementerian Pertahanan Nasional, Angkatan Udara Taiwan F-16 di latar depan terbang di atas sayap Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) H -6 pembom saat lewat dekat Taiwan (Republic of China (ROC) Ministry of National Defense via AP))

"China mengklaim bahwa latihan itu berada di dekat Taiwan, tetapi menilai dari lokasinya, itu sebenarnya dimaksudkan untuk militer AS," kata pejabat di Taiwan yang berbicara dengan syarat anonim.

Ketika China berlayar dengan kelompok kapal induk di dekat Taiwan pekan lalu, angkatan udaranya mensimulasikan serangan terhadap kapal-kapal Amerika Serikat (AS).

Halaman
123
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved